Jumat, Mei 24, 2013

Bolu Tuna




Seperti yang beberapa kali saya ungkapkan di status FB saya, hal yang paling menarik sekali bila dapat menciptakan aneka jenis olahan kue/cake dari satu sumber resep saja. Terasa mudah, menarik , efisien dan memuaskan.

Bolu Tuna ini, merupakan hasil utak atik yang kedua dari resep awalnya, BOLU KEMAYU. Dari komposisi resep kue manis, menjadi kue yang gurih ...Wow , terasa super pastinya.
Nggak percaya??? Cobain deeeh ... hehhee


BOLU TUNA
By Rachmah Setyawati

Bahan :
4 butir telur utuh, uk besar ya ..
90  gr gula pasir
15 gr emulsifier
1 gr Garam halus

Bahan kering :
2 gr Baking Powder
120 gr Tepung Terigu
10 gr Tepung Maizena
20 gr Susu bubuk
-----> ayak semua bahan kering

60 gr Butter/Margarin leleh
30 ml Susu cair UHT

Bahan isian :
1 kaleng - Tuna bumbu balado, kalengan , tiriskan air bumbunya, ambil daging tunanya, cabik2 kecil daging tunanya dengan menggunakan garpu, sisihkan
Keju Cheddar slice, potong2 dadu / Keju Cheddar parut.
1 bh Cabe Merah, buang isinya, potong dadu kecil2

Mayones + sedikit Mustard + sedikit susu SKM, aduk tercampur rata, masukkan plastik segitiga


Cara Membuat :
1. Taruh dlm wadah yg bersih, gula pasir, semua bahan kering yg sudah diayak , telur dan emulsifier.Kocok dgn mixer kecepatan tinggi hingga mengembang kental.
2. Setelah mengembang kental (soft peak), masukkan susu cairnya, turunkan kecepatan mixer, kocok rata. Kemudian,masukkan mentega /margarin leleh, kocok merata dengan cepat. Matikan mixer.
3. Poles 1 loyang uk. 20X20X4/5cm dengan margarin/butter, beri kertas roti pada alas, poles margarin/butter lagi. tuang 1/2 bagian adonan ,taburi 1/4 bagian dari daging ikan tuna, lalu taburi potongan cabe merah, dan potongan / parutan keju cheddarnya. Tutup lagi dengan sisa adonan cake, lalu terakhir taburkan sisa ikan tuna merata diatasnya, berikut potongan cabe merah dan kejunya.
4. Panggang dengan suhu sedang, hingga kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Keluarkan dari loyang, dinginkan pd suhu ruang, beri toping Mayones di atasnya, potong2 sesuai selera, siap disajikan.



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...