Sabtu, November 29, 2008

KBB #8 : BITTER CHOCOLATE PEPPERMINT BISCUITS

Ternyata bukan hanya dunia fashion yang selalu berkembang, begitu juga dengan dunia Baking. Dalam klub baking kali ini, para member di suguhi jenis tantangan yg agak berbeda. Bukan pada jenis kue yang dibuatnya, tetapi lebih pada " Seni Membaca" sebuah Resep.

Sungguh, sebenarnya, manusia itu mahluk yang suka terburu2 (including me, sometimes hehehe..) !

Sekilas, sempat terbawa emosi juga saat membaca resep yg ditantangkan, bagaimana tidak ?! perbandingan jumlah mentega yg dipake dengan jumlah tepungnya, lebih berat di menteganya... hmm, padahal ini adalah resep kategori kukis. Bisa dibayangkan betapa lembek hasil akhir adonan nanti.

Namun, setelah mengamati ulasan & pengalaman beberapa millis KBB yang telah lebih dulu mencobanya. Pada akhirnya, tertantang juga untuk menaklukkan resep ini !
Kembali pd motto awal yg sudah sering kali didengungkan.. Maju teroos pantang mundur!
Pertama mencoba resep ini, aku coba lakukan dengan sistem "tepung yg menyesuaikan mentega", agar adonan tidak terlalu lembek dan dapat "segera" digilas, aku tambahkan beberapa gram tepung terigu. Hasilnya, adonan bisa dengan mudah digilas, dicetak dan dipanggang, selesaiii.... Namun rasa biskuit tak terlalu enak, karna adanya penambahan tepung tadi.

* Tiba2 terbersit dipikiranku, dimana asyiknya?? biasa2 aja .... nggak seruu. Terlebih di tengah2 proses pembuatan, aku sempat kelimpungan karna baterai kamera tiba2 saja pada low Batt semua... semuaa !! Jadi, ada sebagian proses yang nggak terdokumentasikan. Hikss.. ... nggak bisa buat laporan lengkap dong ke ibu Moderator ama Host hari itu.

Dua hari kemudian, muncul lagi semangatku. Ayo Ah ! masak sih nggak bisa menaklukkan resep itu ?? Ya sutt... kita buat lagee..!

Dan kali ini, aku coba ikuti resep yang ada, kecuali takaran gula (tentu saja aku kurangi, karna nggak suka terlalu manis).

Ini resep yg ditantangkan, sedikit aku modifikasi sesuai selera dengan tetap mempertahankan proses seperti yg diminta dalam original recipe :

BITTER CHOCOLATE PEPPERMINT BISCUITS
--------------------------------------------------------------
185 gr Margarin
150 gr Gula Caster (aku pake gula pasir, aku blender agak halus)
2 gr Garam Halus (aku suka agak gurih, biar nggak manis aja rasanya)
1 btr Telur utuh
300 gr Tepung Terigu, (aku pake merk Kunci)
3 gr Baking Powder

Filling :
150 gr Icing Sugar
2 tetes essence pepermint
30 cc Air Matang

Ganache :
200 gr DCC ( Dark Cooking Chocolate )
200 gr Krim Kental

Cara Pembuatan :
--------------------------
1. Kocok margarin, garam dan gula, sampai gula tercampur rata&margarin lembut saja.
2. Masukkan telur, kocok lagi rata, beri rhum bakar(bila suka), kocok sampai lembut tp tak usah sampai mengembang, sekitar 1-2 menit saja.
3. Dari sini aku bagi adonan margarin menjadi dua sama beratnya. Sebut saja margarin A & B
4. Ayak tepung terigu & baking powder, bagi dua sama berat.

PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket
VERSI RESEP : Masukkan satu bagian tepung ke adonan margarin A, aduk rata, diamkan sebentar dalam kulkas selama 15 menit. Keluarkan dari kulkas, gilas diantara kertas roti, tipis saja. Masih dalam kondisi begini, masukkan ke dalam kulkas (beserta kertas rotinya), selama 30-45 menit. Keluarkan, cetak persegi panjang agak oval.


PhotobucketPhotobucketPhotobucket
PhotobucketPhotobucketPhotobucket
VERSI KREASI-KU : Masukkan satu bagian tepung ke adonan margarin B, aduk rata. Tambahkan 8 gram Coklat Bubuk, dan 2 sdm Selai Kacang, aduk rata. Diamkan sebentar dalam kulkas selama 15 menit. Keluarkan dari kulkas, gilas diantara kertas roti, tipis saja. Masih dalam kondisi begini, masukkan ke dalam kulkas (beserta kertas rotinya), selama 30-45 menit. Keluarkan, aku cetak bulat.


Filing : Campur dalam wadah, Icing Sugar + Air matang + Essence Mint, aduk rata,
bisa juga sambil sedikit diuleni. Sisihkan , siap digunakan.

** Sebagian adonan filling aku biarkan plain/diberi sedikit pewarna
Bagian lainnya, aku campur dgn selai kacang


Ganache : Campur Dark Chocolate dgn Cream, panaskan di atas api kecil, aduk2
hingga coklat leleh, licin, tercampur rata. Sisihkan, siap digunakan.


Penyelesaian :
-------------------
Isi masing2 keping biskuit dengan Peppermint Filling, rapatkan, celupkan dalam adonan coklat ganache. Dinginkan di kulkas, setelah ganache beku, biskuit siap dikemas/disajikan.


******************************************************************

* Resep asli yang diajukan para Host KBB#8 : Bitter Chocolate Peppermint Biscuits
by Donna Hay for Canvas, NZ Herald

185 gr butter, softened ( suhu ruang )
1 cup caster sugar
1 egg
2 cups plain flour
1/2 tsp baking powder
1 cup icing sugar
1 tsp peppermint flavouring
2 tbs water
200 gr dark chocolate (70% cocoa)
1 cup cream

* Original Recipe & Event ini selengkapnya bisa di LIHAT DISINI


KESIMPULAN :
> Tekstur biskuit renyah , rasa enak
> Kesulitan dirasakan saat proses pencetakan adonan. Adonan asli terlalu lembek, sehingga harus sering kali keluar masuk kulkas untuk lebih mudah digilas & dicetak.
> Jika membuat dalam jumlah sedikit tidak masalah, tp untuk kebutuhan buat biskuit ini dlm jumlah lebih besar, perlu dipertimbangkan lagi untuk menambahkan sedikit tepung terigu di dalamnya.


Photobucket
* Biskuit rasa Kacang dgn filing green peppermint



Photobucket
* Biskuit rasa Plain dengan filing nutty peppermint


Finally
Photobucket

Artikel Terkait

9 komentar:

Mira Assjarif mengatakan...

Mbaa.. Aku ta' komen disini dulu ya. Buka MP luamanyaaa minta ampun.
Salut deh bisa motong serapih itu. Iya yah kenapa kemarin gak kepikiran juga buat nambahin terigu biar gak terlalu lembek.
Sukses banget nih.. Manteeep.

Ike Hermawan mengatakan...

seperti biasa aku hanya jadi penonton ratu baking beraksi...:D \mantappp mbakyuuuu...always...
minta donk...minta melulu..
ga pernah dikasih...:(

Masak sehat by Yuni mengatakan...

Nyam nyam deh, kreatif! Kalo mau nls, tawarkan aja mbk konsepnya. Ntar qt diskusikan..

Kedai Rachmah mengatakan...

* to Mira : Komen sering2 yo nggak apa2 Mir...bahkan bila perlu dikritik habis2an laah, biar smakin nyadar akan kekurangan diri nih'

* to Ike : Wuaahh, ntar kapan2 aku kasiiiih daaaahhh.... gak usah nangis gitu ah, cup ..cup... cuup.

* to Yuni : Oke, thank U mbak Yuni atas informasinya.

niftiventin mengatakan...

ck..ck..ck..mba rahmmaaaa biskuitnya rapi jaliii

gila foto2nya baguusss bgt mbaaa

Kedai Rachmah mengatakan...

* mbak Ventin : ck..ck..ck... mbak ventiiiiiinnn, hehehe kebetulan aja kali pas motretnya keliatan bagus... seringkalinya uelek kok hasil fotonya...

mae mengatakan...

cuma mo nanya satu hal, masih ada ?

~Atiek~ mengatakan...

Rajinnya... !! telaten banget nih..
(eh, udah komen di MP ya.. gpp ya 2 kali)

Kedai Rachmah mengatakan...

*to Mae : Kalo adonan yg coklat, karna gurih ada selai kacang , udah tandas duluan. Yg putih baru belakangan, si putri yg ngabisin, dicocol lagi ama meses coklat.

* to Atiek : Alhamdulillah .. mbak udah kelar'

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...