Rabu, Februari 25, 2009

RAWON IGA SAPI


Setelah 2 kali berturut-turut tak mengikuti event ini, sekarang saya kembali ikutan meramaikan kegiatan kuliner yang salah satunya digawangi oleh mbakyu  Ayin

Ini merupakan kedua kalinya saya menampilkan masakan khas dari Indonesia, yaitu Rawon. Menu yang satu ini mempunyai ciri khas yang tak bisa dilepaskan, yakni berwarna hitam kelam. Beberapa orang dari luar daerah Jawa pun banyak yang agak segan untuk menyantapnya, jika mengingat warna kuah yang gelap itu.

Jika sebelumnya saya menyajikan Rawon khas gaya Surabaya dengan menggunakan daging has luar, sekarang saya ingin mengkombinasikan bagian lain dari sapi yang pasti tak kalah lezat, Iga. Teringat akan kenangan masa kecil, maka saya tak ragu untuk menambahkan potongan labu siam ke dalam kuah gurih ini. Labu siam ?? iya, labu siam, cukup enak lho, lebih sehat juga kan, mengingat ada unsur sayur di dalamnya.

Sejujurnya, ketika kecil dulu sempat bertanya pada Ibu saya, mengapa kebanyakan dari orang surabaya menambahkan potongan labu siam. Selain berfungsi sebagai sayuran, labu siam juga merupakan siasat jitu bagi keluarga besar seperti keluarga saya saat itu ( kami enam bersaudara ).... sssst... jadi masakan rawonnya terlihat lebih banyak dari biasanya... ...hehee !!


Rawon Iga Sapi_Rachmah

Bahan-bahan / Ingredients
1/2 kg Iga Sapi
1 bh Labu Siam, potong dadu agak besar
1 ikat daun bawang, potong 1 cm, sisihkan
1 bh serai, geprek 
6 lembar daun jeruk 
1 iris tipis selebar ibu jari laos 
2 sdm air asam jawa 1/2 ons taoge pendek  

Bumbu Yg dihaluskan : 
6 siung Bw. Merah 5 siung Bw. Putih 2 bh Cabe merah, goreng bentar,untk hilangkan bau langu 1/2 sdt Ketumbar 1/4 sdt Merica 1/2 sdt Jinten 1 cm Kunyit 1,5 cm Kencur 1 sdt Terasi 8 bh Kluwak, ambil isinya, haluskan Gula Garam 4 sdm minyak goreng, untk menumis Msg(hanya jika suka, aku tdk pakai)


Cara Memasak / Direction :
1. Tumis bumbu halus sebentar, mskkan serai daun jeruk, laos, aduk smp harum. Beri air asam jawa, aduk rata. 2. Besarkan api, mskkan iga sapi rawonan, aduk hingga berubah warna, tuangi dgn air secukupnya ( tergantung selera kita, tingkat kepekatan rawon kadang berbeda setiap orang ). 3. Masak hingga daging matang dan empuk 4. Setelah iga sapi empuk, masukkan potongan labu siam, potong dadu besar. Beri potongan daun bawang, biarkan mendidih dan labu siam 1/2 matang. Matikan api. Sajikan hangat dengan sambal tomat, plus trancam kacang panjang dan taoge pendek.

Artikel Terkait

4 komentar:

A.G mengatakan...

wah ada labu siemnya.... hmmm jd lebih nendang ini..

Ikutan voting menu di Masak Bareng untuk bulan depan yuuuk disini

http://masakbarengyuuk.blogspot.com/

deeTha mengatakan...

mbake....
aku datang ngicipi rawon...

hihi,boleh juga yo, taktik jitu nambahin labu siam ben ketok akeh.. hahaha

Dapur Bia mengatakan...

Wah...kalau yang ini asli nih rawon...!

Kedai Rachmah mengatakan...

* mbak Ayin : ok, mbak..daku dah voting buat bulan Maret '

* mbak Deetha : hahahaa, orang tua yg cerdas kan...hehe

* Teh Bia : uasli rawon ..item kayak yg buat ya'

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...