Senin, Maret 02, 2009

Gule Kacang Ijo

          Siang ini ingin menyajikan menu kesukaan suami tercinta, Gule Kacang Ijo.

Masakan ini biasa dinikmati oleh orang Surabaya, terutama biasa dikonsumsi mereka dari daerah pinggiran kota Ampel, Surabaya ( Kampung Arab ), bersama dengan Lontong. Penjual Gulai (*dalam bahasa jawa Gule) Kacang Hijau ini biasa tampil dengan mengusung dagangannya berjalan keliling, menjajakan masakannya dengan ditemani lampu minyak sebagai penerangannya (*lampu oblik,bhs jawa).

Sedang di keluarga besar Ibu & Bapak saya, masakan ini biasa disajikan jika kami mengadakan acara pertemuan keluarga besar.


Pingin lebih lezat??
Coba saja mencocolnya dengan Roti Cane/Roti Maryam.Hmmm....... Ajiiib.

MFM2 Maret_Gule Kacang Ijo_Rch_2

INGREDIENTS
1/2 kg Daging Iga Sapi
1/2 kg Has Luar Daging Sapi
1ons Kacang Hijau, rendam
750 cc air, untuk merebus daging hingga empuk
750cc santan kental
2 sdm Air asam jawa

Bumbu Halus :
10 bh Bw. Merah
8 bh Bw. Putih
1 sdt Ketumbar
1/2 sdt Jinten
1 ruas jari Jahe
1 ruas jari Kunyit
4 butir Kemiri
1/4 sdt Pala
5 biji Kapulaga Hijau/Arab
4 bg Cabe Merah, buang isi , goreng sebentar, tiriskan
2 bh Cabe Rawit (bila suka)

Rempah-rempah :
5 bh Cengkeh
3 cm Kayumanis
1 ruas jari Laos, geprek
2 batang Serai
6 lembar Daun Jeruk

Poya, kelapa parut sangrai, haluskan

Taburan :
Bawang Merah Goreng

Pelangkap Sajian :
Lontong
Jeruk Nipis
Sambal Kemiri
Krupuk Udang


DIRECTIONS
1. Cuci bersih daging sapi, potong2.

2. Haluskan bahan bumbu halus. Masukkan potongan daging, aduk rata, masukkan serai, daun jeruk, laos, cengkeh, kayumanis, aduk rata. Hingga daging berubah warna, beri air secukupnya, masak hingga daging empuk.

3. Jika daging sudah empuk, beri air asam jawa, lalu  tuangi santan kental, aduk rata. Biarkan mendidih hingga keluar minyak santan. Masukkan poya(kelapa sangrai halus). Aduk rata. Biarkan mendidih matang, matikan api. Siap saji.

4. Ambil rendaman kacang hijau, didihkan hingga airnya agak asat & kacang hijau agak lunak, beri kuah Gulai Daging Sapi, masak hingga matang mendidih. Matikan api, sisihkan.

5. Kacang Hijau bisa dimasukkan / dicampur langsung pada Gulai atau disajikan terpisah.

6. Saran Penyajian : Siapkan potongan lontong dipiring saji, siram dengan kuah & gulai daging secukupnya, beri sedikit gulai kacang hijau, beri sedikit jeruk nipis, taburi bawang merah goreng. Siap santap dengan sambal kemiri & krupuk udang.

Artikel Terkait

9 komentar:

myseventeen mengatakan...

emmmm mbaaaa...duuuhhh lazaattt nihh gulenya..aku mau bikin ahhh...nyontek resepnya ya mbaaa...tengkyuuhhh muuuaahhh

A.G mengatakan...

mbak aku pernah bikin gule kacang ijo tp pake resep dari Nova :D ada disini ga ada cabenya

http://www.agsfood.net/2009/02/gulai-kambing-kacang-hijau.html... aku maemnya pake roti paratha :D enyak tenan

Dapur Bia mengatakan...

Baru tau nih..kacang ijo di masukan ke gule...jadi kepingin nyoba..!

jesse mengatakan...

Waaaahhh, sedap sekali... seperti dari majalah! Ngga pernah menyicipi kacang ijo dengan gule, tapi sekarang jadi pingin!!!

Novie Kurnia mengatakan...

mbak, aq jg asli surabaya...kangen deh ma makanan ini...makasih resepnya ya...salam kenal...

Kedai Rachmah mengatakan...

* Ventiiin, duuh segitu ngilernya kah dirimuuu...

* Iya mbak Ayin, aku jg dah lihat postingan gule kacang ijonya...sipp dah'

* Teh Bia, enak lho ..masakan ini dah mulai jarang dijumpai juga di surabaya

* Jesse , ayo kapan2 dicoba..biar bisa merasakan sama2..

* Seneng bisa kenalan dgn sesama orang suroboyo, iyo mbak Novie masakan ini kan dah jarang ya dijumpai di surabaya

nurma mengatakan...

duuh ..resep ini yg aku cari buat arisan besok..makasih udah berbagi ya bu..aku contek ya. tks sebelumnya

obat pembesar payudara herbal mengatakan...

sukses y gan..

Venny SM mengatakan...

waaah ketemu niih ijin copas ya mbak..pas aku bikin roti maryam...matur suwun...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...