Minggu, November 28, 2010

KBB #20 : BISKUIT TRADISIONAL - KUE BANGKET


Tantangan KBB kali ini berasal dari negeri kita tercinta. Dalam pengerjaannya, benar-benar unik, dengan hasil akhir yg sangat memuaskan pula.

Terus terang, pertama kali membaca Surat Cinta Tantangan, sedikit tebersit perasaan malas, karna yg terbayang pertama kali adalah kue kering jadul yg keras dan rasanya yg biasa-biasa saja. Namun setelah melakukan step by step pembuatannya, luar biasa, sangat unik.....really ! Untuk kesekian kalinya, kita dibuat terperangah betapa kayanya negeri kita ini. Tidak hanya seni patung, seni tari, bahasa, bahkan seni kulinernya pun boleh diadu dengan negara lain.

Kue Bangket, ya ... yang terbayang pertama kali dibenak kita pastilah, kue kering berbentuk bunga, beraroma khas tradisional. Dalam perjalanannya, kue kering yg konon berasal dari daerah Riau ini, mengalami perkembangan cukup variatif dalam penyajiannya. Kebanyakan variasi yg dikembangkan lebih pada toping/taburan di atas kue atau aneka aromanya.

Dari sekian banyak ragam rasa dan bentuk yang sudah berkembang, saya memilih satu resep teman NCC (Natural Cooking Club), Nadrah Shahab yang kemudian saya modifikasi sesuai selera saya.

Jika diperhatikan, dari sekian banyak variasi yang sudah tercipta, tak ragu-ragu lagi kita menyimpulkan, bahwa kue ini bolehlah diadu dengan kue-kue kering buatan luar negeri. Banyak hal menarik dalam kue ini, mulai dari keunikan cara pembuatannya, tekstur kue yg sangat renyah tapi lembut di lidah, hingga pada komposisi bahan yang sederhana, namun cukup kandungan gizi baik.

Jadi, layak sekali jika kita berniat untuk membuat kue-kue Indonesia mendunia ...



KUE BANGKET SUSU
*modifikasi oleh Rachmah Setyawati*

Step by Step

Bahan

400 gr Tepung Tapioka/Kanji

2 lbr daun pandan, potong-potong

50 gr Susu Bubuk

100 gr Gula Halus

100 gr Margarin

50 gr Susu Kental Manis

3 sdm Konsentrat Jeruk, saya pake merk Sunquick Jeruk Mandarin

Cara Membuat :

1. Sangrai tepung tapioca/kanji beserta daun pandan hingga harum dan tepung mulai panas – dgn api kecil. Matikan api, angin-anginkan tepung, biarkan dingin. Sisihkan daun pandannya, ayak tepung dlm wadah baskom.

2. Tambahkan susu bubuk, gula halus dan margarine, aduk-aduk hingga margarin merata ke seluruh bahan kering.

3. Tuangkan susu kental manis + konsentrat jeruk, aduk kembali merata. Sisihkan

4. Siapkan cetakan bangket dan Loyang dgn tinggi rendah (Loyang kue kering) tanpa dipoles margarine/apapun.

5. Ambil segenggam adonan bangket, isi tiap lubang cetakan bangket dengan adonan, tekan2 pada setiap lubang cetakan hingga terasa padat, lalu keluarkan dengan cara gerakan memukul cetakan secara terbalik agar isi adonan keluar pada alas kertas bersih. Ambil dengan spatula tipis, angkat kue bangket untuk dipindahkan ke Loyang kue. Lakukan hingga adonan habis.

6. Panaskan oven hingga 130 derajat celcius, panggang semua kue bangket kurang lebih 20 menit. Setelah itu keluarkan dari oven, biarkan hingga kue bangket dingin. Angkat dengan hati-hati, masukkan dlm toples.

Aneka Cetakan Kue Bangket

Cetakan
Cetakan kue bangket yang aku pakai, cantik-cantik bentuknya, murah pula harganya, yg kiri -kanan itu(warna kuning terang) beli di Giant Supermarket, hanya 9rb sajaa...


Oya, berdasarkan pengalaman mengerjakan PR kemarin, sekedar saran/tips nih dlm proses pencetakan kue bangket ini :
1. Tekan-tekan adonan hingga padat pd tiap lubang cetakan

2. Untuk pertama kali mencoba, jangan isi semua lubang cetakan, cukup satu atau dua lubang saja, agar adonan dpt mudah keluar dengan bentuk bagus secara bersamaan. JANGAN TERLALU KUAT mengetuk-ketuk batang cetakan, dgn tenaga secukupnya saja, agar tidak malah menimbulkan keretakan pd bentuk kue bangket.

3. Gunakan kuas untuk membersihkan tiap lubang cetakan dari sisa2 adonan, agar bias didapatkan bentuk adonan yg sempurna hingga selesai semua adonan

4. Lebih baik gunakan bentuk lubang cetakan yg sama ukuran (lebar ataupun bentuknya) dlm satu gagang cetakan, hal ini jg membantu kemudahan pengeluaran adonan.

5. Siapkan jempol Andaaa………………hahhahaaa….. hingga adonan terakhir !!



Kue Bangket Susu_Rch


Artikel Terkait

1 komentar:

Obat Penyubur Kandungan Alami mengatakan...

postingan tentang Biskuit Tradisional... Sangat menarik untuk dibaca, Saya suka mengunjungi blog ini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...