Senin, Oktober 24, 2011

Pastel Renyah


Camilan sore ini ..
Berteman segelas teh hangat (bukan secangkir lagi yak :D ). Kali ini, ketemu juga kulit pastel renyah seperti yang saya harapkan. Trima kasih buat Mindy Jordan, yang udah sharing resep kulit pastel favoritnya, yang merupakan resep turunan dari Ibunda tercinta. Bahannya sederhana saja, membuatnya pun sangat mudah.

Nih saya share resep kulit pastel aslinya, langsung meluncur kesini ya :
http://mindysdeli.blogspot.com/2009/05/pastel-goreng-indonesian-fried-pastry.html


Sedangkan tadi saya buat hanya 1/2 resepnya saja, dengan takaran & cara seperti ini :

PASTEL RENYAH
-----------------------------------
sumber resep : Ibu Lucia Bintoro
modifikasi bahan isian oleh : Rachmah Setyawati.


Bahan kulit
350 gr Tepung protein rendah (kunci bogasari)
sedikit garam
80 gr Margarin
100 cc Air, didihkan, biarkan panas
75 cc Minyak Goreng
------> Cara : Masukkan margarin dlm air panas, aduk2 hingga margarin larut/leleh, beri garam, aduk dan masukkan minyak goreng, aduk rata. Biarkan agak dingin, hangat saja. Barulah masukkan bahan cair ini ke dalam tepung terigu, aduk2 dengan spatula/sendok, tuang bahan cair bertahap sambil diaduk, hentikan bila adonan sudah kalis, tidak lengket ditangan. Diamkan sejenak adonan.

Ambil segumpal bagian adonan, gilas TIPIS, bentuk bulat, beri adonan isian, tangkupkan kulitnya, tekan2 bagian pinggiran kulit pastel, pilin2 rapi.
Lakukan hingga adonan dan isian habis.

Lalu goreng dengan api sedang panasnya, hingga matang. Angkat pastel tiriskan.


Bahan isi :
Segenggam soun yg sudah direndam air panas
1 bh wortel ukuran sedang, potong2 dadu kecil
10 bh jamur shittate ukuran kecil, potong2
1/2 bagian dada daging ayam, rebus , potong dadu kecil2
sedikit bubuk kunyit
4 - 5 butir cengkeh
sedikit garam & gula pasir
4 bh cabe rawit, rajang kasar (bila tidak suka pedas, bisa ditiadakan)
3 bh bawang putih, cincang halus
4 bh bawang merah, rajang halus
1/4 sdt kecap ikan
1 sdm margarin
3 sdm minyak goreng
--------> cara memasak bahan isi : panaskan minyak goreng dan margarin, tumis bw merah, lalu masukkan bawang putih dan cabe rawit dan cengkeh, tumis harum. Masukkan wortel, aduk2 hingga wortel agak lunak. Beri bubuk kunyit, aduk2 hingga harum. Lalu beri garam dan gula pasir, aduk rata. Kemudian masukkan daging ayam rebus dan jamur shittake, aduk merata, hingga jamur sedikit layu. Masukkan soun , aduk mencampur rata. Beri kecap ikan, aduk lagi merata, cicipi, bila rasa sdh pas, matikan api. Dinginkan , siap dibuat bahan isian pastel.



TIPS : Untuk kulitnya, kalau bisa jangan terlalu diuleni ya, cuman diaduk2 merata saja.
Setelah itu langsung gilas tipis, harus tipis ya, jangan takut robek pas digoreng, asalkan tidak ada lobang /robekan pd kulitnya saat mengisi adonan isian.

Kedua, saat menggoreng, tipsnya, jangan hanya digoreng dibolakbalik saja, tapi itu pastel begitu masuk minyak langsung disiram2 juga dengan minyak gorengnya saat masuk, jadi dia akan langsung menggembung cantik.

Artikel Terkait

7 komentar:

Kerajinan tangan mengatakan...

hmm..kelihatannya enak buat di coba nih..selama ini bikin kulit pastel, malah jadi mirip roti.

wati bonjer mengatakan...

wah boleh juga nh resep sy coba. saya juga terima orderan pastel renyah. agak beda resepnya. klo pada mau nyoba resep saya untuk nambah variasi rasa. gimana...mau?....

nora mengatakan...

mau coba ah resep nya beda,pas kebetulan ada yg psn pastel.

Kreasi Marie mengatakan...

Hmmmm yumm!! Silakan mampir ke http://www.kreasimarie.com/ untuk berbagai resep kreasi :)

Fikrisu mengatakan...

nice article, very helpfull & usefull. Info Seputar tips & trik dalam memilih mesin roti/bakery yg murah dan berkualitas , Klik aja di FIKRI TEKNIK Salam kenal & good luck......

syafrida ali mengatakan...

halo mba rachmah, mau share pengalaman. Pernah bikin pastel tapi kulitnya ternyata keras kalo dingin. Resepnya hanya pakai sedikit minyak,tanpa margarin. Terus pas sudah jadi saya taruh di nampan gitu malah jadi lengket2x...gak bisa dipisahin :( Apa sebaiknya digoreng dulu sebelum masuk kulkas/freezer? makasih sebelumnya

Rachmah Setyawati mengatakan...

Dear Syafrida,
Saya tidak tahu persis mengapa kulit pastel yg kamu buat bisa sekeras itu, karna saya tentusaja blm pernah mencoba komposisi resep yang kamu punya.
Bisa saja terlalu keras saat menguleni adonan , atau faktor komposisi resepnya juga.
Untuk tips agar tidak lengket di nampan, ada baiknya dialasi plastik yg sudah dipoles tipis2 dgn minyak goreng. Jadi akan tdk lengket pada nampannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...