Minggu, November 27, 2011

KBB #26 : PANETTONE - Traditional Italian Christmas Bread


Setiap menghadapi tantangan berjenis roti ... hmmm... mulai deh, mengerjakannya pasti belakangan. Hehehe, biasa nunggu si "MOOD" datang dulu barulah ringan melaksanakannya :D
Mepet nih, 2 hari menjelang deadline baru kelar setorannya :)

Datangnya tema tantangan kali ini , dirasakan sangat tepat, karna sangat sesuai dengan jelang suasana Natal dan Tahun Baru yang sebentar lagi hadir. Mengingat di negara asalnya sana, roti ini biasanya memang disajikan dalam acara tersebut. Belajar membuat aneka macam ragam kuliner / cake dari manca negara, selalu saja membuahkan kesan tersendiri.

Panettone, secara umum merupakan roti manis yang ditambahkan beberapa jenis buah-buahan kering. Teksturnya yg terlihat sedikit keras dipermukaannya, tetapi empuk dalamnya. Biasanya disajikan dengan bentuk menjulang tinggi.



Kali ini, KBB mengacu pada resep The Worldwide Gourmet - resep aslinya nanti bisa langsung meluncur ke blog KBB DISINI.

Dari resep itu saya coba praktekkan dengan konversi saya, sebagai berikut :
Bahan
10 gr Ragi Instant (merk Fermipan)
120cc Susu Cair Hangat
1/4 cup Gula Pasir

6 butir kuning telur
1 gr garam halus

400-425 gr Tepung Terigu (kebetulan saya gunakan protein sedang, Segitiga )
100gr Butter, bekukan sebentar saja (agak dingin)

100gr Dried Rasberry cincang kasar
100gr Sultana ,kecil
------> Rendam semua buah-buahan dgn jus jeruk hangat, biarkan hingga lunak, peras airnya. Sisihkan. Siap dipakai untuk filling


Cara Membuat :

1. Membuat adonan biang. Campur susu hangat + 1 sdm makan gula pasir (ambil dari sebagian 1/4 cup total gula) + ragi instan. Biarkan sejenak sekitar 3 menit. Barulah aduk merata dan biarkan hingga sekitar 5 menit / hingga volume adonan raginya naik 2x lipat dari adonan semula.



2. Setelah adonan biang mengembang sempurna, masukkan pd sebuah baskom, beri kuning telur + sisa semua bahan gula pasir dan garam halus, aduk rata.
3. Mulai masukkan 1/2 bagian dari jumlah tepung terigu, uleni rata.
4. Setelah itu tambahkan mentega 1/2 beku, uleni rata kembali hingga lembut.
5. Terakhir tambahkan lagi sisa adonan tepung terigu secara bertahap hingga merata, dan hentikan proses pengadukan bila adonan sudah terlihat set/kalis.
6. Kumpulkan semua adonan, bentuk bulatan besar, letakkan pada baskom yang terlebih dahulu dipoles mentega dan ditaburi tepung terigu tipis-tipis.



7. Tutuplah adonan yang telah kalis tadi dengan plastik/kertas roti yg sebelumnya dipoles tipis dgn mentega. Biarkan ditempat yg cukup hangat selama kurang lebih 45-60 menit. Hingga dia terlihat sudah mengembang lebih dari volume sebelumnya.
8. Setelah mengembang, kempiskan/buang udaranya, beri aneka macam potongan buah2an yg sudah direndam jus jeruk tadi, campur ke dalamnya, lalu saya tambahkan juga potongan keju cheddar lembaran , uleni merata sebentar saja. Bentuk bulatan besar kembali. Dan letakkan pada loyang yang telah beralas kertas roti dan bersemir mentega. Saya gunakan loyang bulat ukuran diameter 16cm, 1 bh.
9. Pada permukaan atas adonan roti, berilah jejak seperti torehan sepanjang diameternya. Agar saat dipanggang nanti terdapat bentuk persegi mekar yg cantik pada topingnya.
10. Tutup adonan kembali dengan plastik/kertas roti yg bersemir mentega tipis2. Biarkan ditempat yg cukup hangat selama kurang lebih 15-20menit.
11. Setelah mengembang , adonan dlm loyang siap dioven dengan suhu 175-180 derajat celcius untuk 7-10 menit pertama, lalu kecilkan suhu oven hingga 155-160 derajat celcius hingga roti mengembang sempurna, kecoklatan dan matang, sekitar 30-40menit total waktu pemanggangan.
12. Begitu sudah matang, segera poles permukaan atasnya dengan mentega tipis2, agar terlihat mengkilap dan cantik.



Siap disajikan untuk menemani Natal dan Tahun Baru !

Artikel Terkait

3 komentar:

Sofie mengatakan...

cakeeeppp bangettt.. top dah mba R sih

Gusni ayu mengatakan...

liat panettone mba R, mumbul banget dan empuk, jadi pengen bikin lagi...

farida aryo mengatakan...

mb R ijin kopas resepnya njih....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...