Minggu, Mei 06, 2012

Cara Membuat Cake Pops

Cake Pops ... ngomongin si imut satu ini, aku bilang sih pengembangan dari tampilan Rhum Balls yang dulu sempat booming. Kalau aku suka buat juga nggak jauh2 adonannya dari adonan membuat Rhum Balls. Hanya ada satu dua trik aja yg harus diperhatikan agar bola2 cake bersalut coklat leleh ini tidak "melorot" turun saat sudah ditancapkan ke pegangan/sticknya.

Saat menyebut Rhum Balls memang pasti kita akan membayangkan bahwa di dalamnya ada kandungan rhum/minuman beralkohol. Dan memang, dari asalnya sana disebut rhum balls juga karna disitu terdapat kandungan rhum/alkohol. Maka, menghindari rancu akan kata Rhum , akhirnya kita yang tdk diperkenankan menggunakannya lebih sering mengganti nama kue bulat kecil itu dengan sebutan Bola-Bola Coklat atau lainnya. 


Aku sendiri jg lebih nyaman memberikan nama Bola-bola Coklat :) mengingat memang tidak ada rhum /minuman beralkohol yang aku masukkan di dalamnya.


 

Bahan2 yang perlu disediakan membuat Cake Pops adalah sebagai berikut :
1. Stick Permen Coklat
----> (bila tidak ada toko yg menjual dlm bentuk jadi, bisa memakai tusuk sate yg nanti bisa kita tutupi luarnya dengan aluminium foil/pita untuk mempercantiknya)
2. Cake Coklat
---- > Menurutku , selain bentuk Cake Pops yang harus menarik, rasa dari cakenya juga harus enak. Nah, enak tidaknya rasa Bola-bola Coklatnya ini tergantung dari cake coklat yang kita pakai. Semakin enak /pekat rasa cake coklatnya , tentu dijamin pasti enak. Bisa dari jenis sponge cake maupun butter cake. Baik yang dipanggang maupun yang dikukus.
Sebenarnya selain cake, kita bisa saja menggunakan biskuit, asal paling penting diperhatikan adalah bahan itu setelah diramu/campur bisa membentuk tekstur adonan yg bisa dipulun/padat tp masih mudah dibentuk2.
3. Coklat Masak Leleh
------ > Kita gunakan jenis coklat masak COMPOUND dalam proses ini. Baik yang berwarna alami coklat tua , muda ataupun aneka warna coklat.
4. Pernak-pernik hiasan toping
-----> Untuk ini , yang paling sederhana kita bisa gunakan aneka macam jenis taburan gula/permen yg bentuknya kecil2 , bisa bermacam2 bentuk juga / meses warna warni/ paling mudah bisa juga kita gunakan coklat warna warni.



CAKE POPS
By Rachmah Setyawati.

Tusuk Sate
Kertas aluminium foil
Dark Cooking Chocolate, lelehkan
Sprinkles warna warni
Styrofoam /Gabus/ Oasis

Bahan Bola2 Coklat :
#Cake Coklat
Biasanya aku bisa pake dari sisa2 hasil pemotongan pinggiran sponge cake coklat. Tp kali ini aku pakai Brownies Kukus Ketan Hitam.
#Sedikit Butter Cream
(bila tak ada butter cream, kita bisa tambahkan sedikit selai sembarang rasa yg kita suka)

Cara membuat :
1. Potong2 cake coklat yang akan kita pakai bentuk kasar aja, lalu masukkan ke dalam food processor + masukkan juga buttercream/selainya, nyalakan food processornya , mixed hingga tercampur rata.
Takaran antara butter cream/selai bisa menyesuaikan, yang terpenting adalah tes adonan dengan cara dikepal2/dipulun2, bila sdh cukup padat untuk dibentuk/dipulun - tidak pecah dan saat dibentuk bulatan tidak terlalu berminyak/lembek . Dan bisa membentuk bulatan padat yg halus permukaannya, barulah adonan ini siap dipakai.

2. Setelah terbentuk bulatan2 cake coklat yg bagus, halus permukaannya, segera tata pd loyang datar yg sudah dialasi kertas roti *tanpa disemir margarin/butter* ... Tata rapi, lalu masukkan ke dalam lemari es hingga coklat cukup kokoh/lebih padat lagi. Tdk lembek saat dipegang --- Tp ingat, jangan jg terlalu lama sekali hingga bola bola cake coklatnya membeku, nanti akan kesulitan saat menancapkan tusukkannya.

3. Ambil /keluarga Bola bola cake coklat yg sdh kokoh dari dlm kulkas , ambil satu buah tusuk sate yang sudah diukur cukup tingginya, celupkan salah satu ujung tusuk sate/stick coklat ke dalam coklat leleh, biarkan menetes sejenak bekas celupannya, lalu tusukkan ujung yg sdh dilumuri coklat leleh tadi ke tengah2 bulatan cake coklat. Ingat ! Tusuk bagian yg permukaan bawah dari bola bola coklat ya (bagian bulatan yg menempel pd kertas roti). Setelah ditusukkan letakkan kembali bola2 coklat dengan posisi terbalik (stick/tusuknya menghadap ke atas) , tata rapi di atas loyang beralas kertas roti tadi, masukkan kembali ke dalam kulkas, beberapa saat hingga coklat leleh td beku.

4. Setelah cukup beku/menancap kuat tusuk satenya/stick coklatnya. Keluarkan dari kulkas dan segera celupkan masing2 bola2 coklat tadi ke dalam coklat leleh, lapis seluruh permukaan bulatannya, tiriskan sisa lelehan coklat dengan sempurna/bagus, baru tancapkan stick / tusuk sate pada styrofoam yang sdh diberi alas kertas roti, susun rapi . Bola2 coklatnya siap dihias sesuai keinginan kita ! :)


Selamat Mencoba ya !

Artikel Terkait

1 komentar:

sutioso mengatakan...

Cool I just got a free Steam Wallet code at http://steamwalletcodes.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...