Jumat, Mei 24, 2013

Bolu Kemayu

Ini dia si Bolu Kemayu yang lebih dulu saya buat, sebelum saya kembangkan lagi menjadi resep yg berbeda , seperti Light Bluberry Cheese Cake. Cantik ya .. :) Saya memang sangat menyukai paduan aroma lemon dan matcha, keharuman kedua aroma ini sangat eksotik menurut saya.

Mengapa saya lebih suka menyebut ini sebagai Bolu, karna walau terasa lebih halus seratnya, tetapi tetap mempunyai perbedaan tekstur dengan jenis cake dengan metode sponge cake. Istilah jadul BOLU, memang lebih mengarah pada cake-cake yg bertekstur lebih padat dibanding jenis sponge cake pada umumnya. Utamanya , karna cara pembuatannya, yang biasa disebut All in One. Jadi, hampir semua bahan2nya tinggal dikocok menjadi satu dan kental mengembang saja.

Mau coba bolu buatan saya ? ... Silahkan ..


BOLU KEMAYU
By Rachmah Setyawati

Bahan :
4 butir telur utuh, uk besar ya ..
110 -120 gr gula pasir
15 gr emulsifier

Bahan kering :
2 gr Baking Powder
120 gr Tepung Terigu
15 gr Tepung Maizena
25 gr Susu bubuk 
-----> ayak semua bahan kering

50 gr Margarin/Butter leleh
50 gr Santan kental (bisa fresh ataupun instant - aku pake instant)

Pasta Greentea
Pasta Lemon
Sedikit pewarna kuning lemon
Keju cheddar parut

Cara Membuat :
1. Taruh dlm wadah yg bersih, gula pasir, semua bahan kering yg sudah diayak , telur dan emulsifier.Kocok dgn mixer kecepatan tinggi hingga mengembang kental.
2. Setelah mengembang kental (soft peak), masukkan santan kental , turunkan kecepatan mixer, kocok rata. Kemudian,masukkan mentega /margarin leleh, kocok merata dengan cepat. Matikan mixer.
3. Ambil 1/3 bagian adonan, beri dgn pasta greentea. 3/4 bagian lainya beri pasta lemon dan pewarna kuning sedikit saja.
4. Poles loyang tulban dengan margarin/butter, tuang 1/2 bagian adonan rasa lemon, ratakan , taburi keju parut, Ambil satu sendok besar adonan greentea tuang di beberapa bagian permukaan adonan lemon bertabur keju tadi. Lakukan hingga adonan mulai habis. Lalu tutup acak dengan adonan lemon, terakhir tambahkan lagi secara acak adonan greentea. Ratakan , dengan menggunakan tusuk sate/gagang garpu, celupkan ke dalam adonan, dan bentuk gerakan memutar, untuk motif spt marmer.
5. Panggang dengan suhu sedang, hingga kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang.







Artikel Terkait

4 komentar:

Avie mengatakan...

Mbaa R..tanya doong..ini pakai loyang tulban ukuran berapa..?
Kalau pasta green tea diganti pasta yang lain..merubah rasa nggak untuk bolu kemayu..atau memang harus pakai pasta greentea..(Belum pernah pakai pasta greentea..)
Makasihh

Rachmah Setyawati mengatakan...

Halo Avie,
Untuk cake ini, tdk harus berpatokan pada rasa greentea, kamu bisa variasikan aneka macam rasa lainnya.
Saya menggunakan loyang tulban diameter 20cm.

kitchenheaven mengatakan...

Mba Rachmah loyang tulbannya ukuran berapa?pengen nyoba buat buka puasa nanti sore ni mba..

kitchenheaven mengatakan...

Mba Rachmah loyang tulbannya ukuran berapa?pengen nyoba buat buka puasa nanti sore ni mba..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...