Kamis, Agustus 29, 2013

Ekado ala Mbak R





Kehabisan stok camilan. Mumpung punya kulit kembang tahu dan daging kepiting, akhirnya pilihan jatuh ke Ekado, sisanya tinggal di gulung dibentuk Shrimp Roll. Setelah dirangkai dan dikukus, dinginkan dan siap disimpan di kulkas, jadi sewaktu2 butuh, tinggal ambil, dithawing dan digoreng deh.

Homemade Ekado ala Mbak R
Bahan-bahan :
Kulit Kembang Tahu (aku pakai kulit kembang tahu yg tipis dan lemas, bukan yg kaku)
Sekitar 20-25 butir telur puyuh rebus
3 siung bawang putih, haluskan
100 gr Daging Kepiting
200 gr Daging Ayam
100 gr Udang
1/2 sdt garam halus
1/4 sdt gula pasir
1 sdt Saus Tiram
1/2 sdt Saus Teriyaki
sedikit pala halus
1 butir telur ayam utuh
1/2 sdt tepung tapioka

Minyak goreng


**NOTE : Kalau hanya ingin komposisi daging ayam + udang juga enak sih, bisa pakai  komposisi 50:50
Oya, untuk kulit kembang tahu merk ini, rasanya sudah asin, jd hati2 dalam menambahkan garam pd bumbu  halus isiannya ya, secukupnya saja, kalau tidak nanti bisa tambah lebih asin saat dimakan bersama kulit kembang tahunya.



Cara Membuat :
1. Potong2 kulit kembang tahu sekitar ukuran 12X12cm, sisihkan. Bila pakai kulit kembang tahu yg agak keras/kaku, perlu direndam dengan air panas dulu agar kulit lemas, tiriskan lalu dipotong2 sesuai ukuran yg diinginkan.
2. Haluskan dengan food processor  daging ayam, kepiting dan udang. (diulek jg bisa untuk menghaluskan daging2nya menjadi lembut).
3. Ambil daging yg sudah dihaluskan tadi, beri telur , bawang putih halus, garam dan semua bumbu serta tepung tapiokanya, aduk merata semuanya.
4. Ambil satu lembar kulit kembang tahu, letakkan ditengah2nya satu sendok makan /lebih daging halus yg sudah berbumbu tadi, Letakkan 1 buah telur puyuh rebus ditengahnya, lalu tangkupkan kedua sisi ujung kulit tahu, bungkus rapat. Ikat dengan benang , lalu kukus dengan api kecil saja, sekitar 20 menit.
5. Setelah dikukus, biarkan uap panas hilang. Lepaskan benang pengikat.  Lalu , goreng dlm minyak yg panasnya sedang, hingga kecoklatan dan renyah.

Sajikan dengan saus sambal bangkok atau saus sambal botol ....







Artikel Terkait

2 komentar:

Sashy mengatakan...

Keliatan enak banget mba, nanti mau nyoba bikin ... ijin nyontek resepnya ya mba

Nilam Puspa Ruspatti mengatakan...

Mbak, beli kembang tahu yang merk tersebut dimana ya mbak? makasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...