Kamis, Agustus 29, 2013

Cronuts




Dengar kabar bahwa di Amerika sedang dilanda demam Cronuts ya ?! (Croissant Donuts). Kue berbentuk donat tetapi tidak terbuat dari adonan roti, melainkan kulit pastry. Dan cara mengolahnya juga hampir sama dengan donat biasa, yaitu digoreng, bukan dioven.

Penasaran ... pastinya hehhee
Tapi , untuk mencobanya, saya tidak mau membuat adonan pastrynya (croissant) sendiri, cukup beli kulit pastry (puff pastry) yang sudah jadi saja. Kebetulan di salah satu supermarket ada yg jual dalam bentuk potongan persegi agak kecil. Nahh... lebih mudah kan membuatnya, tinggal dipotong bentuk bulat menyerupai bentuk cincin/donat saja.


Penasaran juga ?? Buat deh ... lumayan enak kok rasanya, kunci sukses rasa enaknya terletak pada kualitas kulit pastry yg kita pakai plus rasa dan tekstur filling yg lezat. Semakin enak kulit pastry, semakin bisa renyah. Dimakan saat dingin/dari kulkas... uenak poll !



Cinnamon Cronuts
Ala Mbak R

Bahan yang diperlukan :
Kulit Pastry
Putih telur secukupnya
Minyak Goreng secukupnya

Vla untuk filling :
 50 gr Vla Instant (aku pake merk RAF )
125-150 ml susu uht putih dingin (aku tadi pake fresh cream dairy dingin)
------ Masukkan bubuk vla instant dlm baskom, tuangi dengan susu dingin, kocok dgn minxer hingga kental, siap dipakai ------
Gula Halus, untuk taburan
Cinnamon Powder, untuk taburan


Cara Membuat :
1. Ambil satu lembar persegi kulit pastry, potong menggunakan cutter bentuk bulat, hingga membentuk spt donut. Ambil satu lembar persegi kulit pastry lagi, potong bentuk yg sama.
2. Lalu poles permukaan kulit pastry pertama (yg sudah berbentuk bulatan) dengan putih telur, tipis2 saja. Ambil kulit pastry bulat lainnya, tumpuk diatas permukaan yg dipoles putih telur, rekatkan keduanya. Kulit pastry bentuk donat siap digoreng. (Bila ingin bentuk donat yg lebih tinggi, kita bisa saja merekatkan hingga 3 lembar kulit pastry).
3. Siapkan penggorengan, tuangkan minyak cukup banyak hingga nanti croissant donut bisa terendam. Nyalakan api kompor, tunggu hingga panas sedang (panas tp tidak mudah gosong nanti).  Mulai masukkan 1 atau 2 bh croissant donut, goreng hingga mengembang sempurna dan kecoklatan renyah (sama spt menggoreng donat biasa, jangan terlalu sering dibolak balik, nanti banyak minyak yang tertinggal di donat). Setelah matang, tiriskan dengan sempurna.
4. Biarkan croissant donut benar2 dingin suhu ruang. Baru kemudian potong/belah menjadi 2 bagian sama besar , dan letakkan vla filling ke sekitar bagian dalam donat. Lalu tangkupkan kembali , beri taburan gula bubuk dan kayumanis bubuk diatasnya. Simpan di kulkas sebentar. Setelah cukup dingin siap disantappp !!

**NOTE : Oya, sisa potongan kulit pastry jangan dibuang ya... rekatkan saja, tekan-tekan sedikit biar menyatu lagi lalu potong2 memanjang, bisa digoreng menjadi bentuk stik, atau nanti dipoles atasnya dengan kuning telur kocok, taburi keju cheddar parut dan dipanggang hingga matang renyah, jadi deh cheese stick pastry sheet :)


Silahkan mencoba... Semoga cocok dengan selera teman-teman ..



** Sekilas info : (diquote via www.femina.co.id -- http://www.femina.co.id/kuliner/info.kuliner/kategori.pastry/004/002/150) .... Puff pastry: Istilah Prancis-nya adalah pâté feuilletée. Adonan terdiri atas lapis demi lapis adonan tepung terigu dan korsvet. Lemak inilah yang saat dipanggang akan meleleh dan menciptakan uap hingga mengangkat lapisan tepung, dan menggelembungkan adonan hingga 6 - 8 kali ketebalan semula. Hasilnya, lapisan tipis yang saling menimpa dan renyah. Adonan puff pastry bisa divariasikan menjadi, misalnya, croissant dan danish pastry, tergantung teknik melipat lemaknya. Adonan juga bisa digunakan sebagian saja dan menjadi komposisi dari bahan lain, menjadi sebuah gâteau (pastry berlapis custard, buah, atau kacang-kacangan). Ditangkup bersama cream akan menjadi mille feuille. Adonan bisa pula dibuat tipis dan mungil layaknya cookies, misalnya palmier, atau cheese stick yang biasanya terbuat dari sisa adonan puff pastry. Karena sulit dibuat, adonan puff pastry dijual siap pakai.


Oya, sisa potongan saat membuat adonan Cronuts (sisa kulit pastry sheet) , tinggal dibentuk panjang2, lengketkan ujungnya dgn putih telur, pilin-pilin, lengketkan kembali ujung lainnya dgn putih telur, goreng deh....

Setelah matang, bisa saja dicelup separuh bagian panjangnya dgn coklat, biarkan kering.. masukkan toples kedap udara... Nyammm...jadi camilan lagi kan !




 

Artikel Terkait

3 komentar:

Hilda mengatakan...

Hai Mba, mau tanya kulit puff pastry instannya kalo boleh tau beli di supermarket mana ya? Aku mau coba buat hehe. Makasihhh

Althaf Arif mengatakan...

halo mbak saya mau tanya untuk di surabaya kulit pastry-nya bisa dibeli supermarket mana ya ? dan harganya berapa ?

Althaf Arif mengatakan...

terimakasih sebelumnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...