Sabtu, April 03, 2010

Buat Opera Cake , yuuk......


Opera Cake_Kedai Rachmah

Cake dengan dengan kesan mewah ini, masih saja menjadi favorit bagi sebagian kita, selain cake coklat klasik black forest, tentunya. Banyak yg bilang untuk membuatnya sangatlah sulit, ribet, susah dan masih banyak julukan lagi yang memberi konotasi seolah-olah mustahil bagi seseorang untuk membuatnya sama seperti penampilan yang dijumpai diberbagai Cake Shop.

Dari beberapa kali membuatnya, saya menarik kesimpulan, sebenarnya tidak mustahil kita semua bisa menyajikan Opera Cake hasil olahan sendiri dan secantik tampilan Cake Shop di luar sana. Kuncinya bukan pada tingkat kemahiran kita dlm membuat kue, melainkan pada dua hal, PERSIAPAN AWAL yang matang dan KESABARAN kita "merakit" lapis demi lapis bagian cake ini (proses finishing).

Mengapa hanya dua hal itu? Menurut pendapat saya, cake ini termasuk jenis cake yg anti gagal kok. Karna tidak dituntut tekstur yang harus bener2 mengembang empuk sempurna (dgn kata lain , kita tak perlu takut dikatakan cake bantat).

Jadi, untuk memulainya, kita bisa saja memakai acuan resep mana saja. Sebagai awal pertama kali mencoba, carilah resep Opera Cake yang paling sederhana bahan dan cara membuatnya.

Biasanya saya suka memakai resep dari Sedap Sekejap, tapi kemarin sempat juga mencoba resep yang pernah diposting di blognya mbak Riana, yg menurutnya itu merupakan resep karya mbak Ita Kustina.

Ayo, bagi yg masih takut-takut dan belum juga berani ... kita cobain buat yuuk !

Monggo jika pingin mengacu pada resep ini. Enak juga lho. Komposisi Jaconde (cake almondnya) saya pake persis sesuai takaran pd resep itu. Sementara saya coba bermain filling yang berbeda.

Selamat mencoba ya.....



Opera Cake by Ita Kustina
--------------------------------------
*filling modified by Rachmah Setyawati


Jaconde Cake:
200 gram Almond bubuk
150 gram gula pasir halus - aku pakai gula bubuk halus
6 butir telur ayam utuh
50 gram mentega, cairkan
55 gram tepung terigu
115 gram putih telur
55 gram gula halus
** Saya tambahkan sedikit garam - 2 gr Garam Halus

Untuk siraman cake/jaconde:
175 ml Air panas
2 sdm Gula pasir
1,5 sdm Kopi Instant bubuk
1sdm essence/pasta tiramisu/coffe noir
1sdt rhum (bila berkenan - bisa dihilangkan)
-------> aduk rata semua bahan siraman cake, sisihkan

Chocolate Ganache (untuk filling) :
200 ml Whipped Cream cair
325 gr DCC, cincang kecil-kecil
--------------> Panaskan whipped cream cair, hingga hangat saja, letakkan DCC pada baskom, tuangi dengan whipp cream cair hangat, aduk hingga semua DCC meleleh rata. Masukkan kulkas freezer/chiller hingga set/adonan coklatnya padat kembali. Setelah padat, keluarkan di suhu ruang, biarkan teksturnya agak lunak sedikit, baru kocok hingga mengembang/creamy. Masukkan kembali ke kulkas (bukan di freezer). Keluarkan nanti saat diperlukan untuk poles.

Soft Cream Coffee :
400gr Merry Whipped (atau bisa juga pakai mentega putih campur yg kualitas bagus lainnya)
2 Sachet Susu Kental Manis (sekitar 85cc susu kental manis)
3 sdm Gula cair (kalo tak ada bisa diskip)
2 sdm Butter , unsalted
1 sdm essence/pasta tiramisu/coffee noir
1 sdt kopi instant, dilarutkan dlm sedikit air sekitar 20ml
Rhum , bila suka


Chocolate Ganache untuk siram :
150 ml Whipped Cream cair
250 gr DCC, cincang kecil-kecil
1 sdm Butter
-------------------------> Panaskan whipp cream hingga hangat, letakkan potongan DCC dibaskom, tuangi whipp cream hangat bertahap (jangan langsung tuang semua), aduk rata, sambil tambahkan mentega/butter, aduk terus hingga semua DCC & mentega meleleh.


DIRECTIONS
Langkah pertama :
1. Buatlah Chocolate Ganache terlebih dulu, bisa saja kita membuatnya semalam sebelumnya, ato hari sebelumnya. Atau jika kita memiliki kualitas freezer yg kuat suhu dinginnya, kita bisa membuatnya dipagi hari, kemudian saat siang kita mulai mengolah kue, ganache pun udah set, siap dikocok. Tp, jangan lupa biarkan ganache di suhu ruang sebentar, hingga agak lunak sedikit, agar mudah saat dikocok.


2. JIka Chocolate Ganache sudah dibuat dan tersimpan di kulkas, sekarang siapkan semua bahan dengan rapi, timbang-timbang semua bahan yang diperlukan sesuai resep yang dipakai.

3. Buatlah cairan siraman cake/ jaconde. Sisihkan.

4. Berikutnya kita menyiapkan Soft Cream Coffee. Kocok Merry whipped/mentega putih , gula cair dan susu kental manis hingga tercampur rata, masukkan butter, kocok lagi sambil masukkan semua essence dan cairan kopi instannya, aduk hingga tercampur rata dan teksturnya creamy. Sisihkan.

5. Persiapan membuat cake/jaconde :

1. Campur almond, gula pasir dan 3 butir telur, kocok dengan mixer kurang lebih 10 menit.
2. Masukkan sisa telur satu persatu, sambil terus kocok, dan setelah semua telur masuk, kocok kembali kurang lebih 10 menit hingga adonan mengembang kental. Matikan mixer. Sisihkan.
3. Lelehkan mentega, aduk rata, ambil sebagian adonan cake/telur yang kental tadi, sekitar 2 sendok sayur besar, campurkan ke dalam mentega cair, aduk rata, sisihkan.
4. Ayak tepung terigu, masukkan ke dalam adonan almond/telur yg kental tadi aduk rata.
5. Kocok putih telur sampai berbusa , sambil mengocok masukan gula halus, kocok sampai kaku tapi jangan terlalu kaku / soft peak. matikan mixer.
6. Ambil sebagian adonan putih telur, campur ke adonan almond, aduk rata.
7. Masukan mentega cair yang telah dicampur sedikit adonan tadi, ke dalam adonan almond. Aduk rata.
8. Poles 6 buah loyang 22X22 cm dan alasi kertas roti, poles mentega lagi. Bagi adonan cake tadi ke dalam 6 buah loyang ukuran 22x22x3/4 cm, panggang dengan api cukup besar sekitar 175derakat celcius/hingga matang.


PENYELESIAN :
-----------------------
1. Ambil Chocolate Ganache yang telah dikocok dari kulkas, biarkan di suhu ruang, agak lunak teksturnya.
2. Kemudian mulai ambil satu buah cake, siram/perciki seluruh permukaannya dengan sirup siraman cake.
3. Poleskan Soft Cream Coffee hingga rata. Bagi yg masih ragu2 untuk bisa memoles dengan rata, Coba masukkan cream ini dlm kantong plastik segitiga/piping bag, pakai mata spuit yg biasa dibuat untuk membuat pagar/renda/ pilih saja yg mata spuitnya tipis, nah semprotkan secara merata diseluruh permukaan cake, kemudian rapikan dengan memolesnya pakai pisau panjang/pisau poles.
4. Tumpuk cake kedua diatasnya. Rapikan seluruh permukaannya menempel rapi.
5. Perciki kembali permukaan cake ini dengan sirup siraman cake. Sekarang poleskan ganas di atasnya. Triknya sama jika ingin hasil polesan rata. yaitu masukkan ganache dalam piping bag, spuitkan rata, baru ratakan kembali dengan pisau poles.
6. Lakukan dua hal berselang seling spt diatas, hingga lapisan cake penutup/terakhir.
7. Masukkan cake yg telah tersusun semua rapi ini ke dalam kulkas hingga set/soft cream ataupun ganachenya kaku. Sambil menunggu, buatlah ganache siramnya (spt bahan & cara tersebut di atas).
8. Keluarkan Cake yg telah rapi tersusun, Siramlah dengan chocolate ganache siram , mulai dari bagian menuangkannya di bagian tengah cake, angkat sedikit cake , miringkan/ratakan lelehan ganache menutupi seluruh permukaan cake. Nggak perlu sampai pinggiran cake tertutupi, cukup rata menutupi seluruh permukaan saja. Jika timbul gelembung udara kecil-kecil pada permukaan ganache, ketok-ketok cake pelan saja hingga gelembung udaranya hilang.
Masukkan kulkas hingga ganachenya beku/set.
9. Keluarkan Cake yg telah kaku/set, siapkan pisau panjang tajam dan segelas air panas/hangat serta lap kecil.
Celupkan lap kecil pada air panas, lap pisau dengan lap panas itu, hingga pisau terasa agak hangat. Mulailah mengikis pinggiran cake yg berlapis ganache tadi, ulangi hingga semua sisi cake terkikis rata dan cantik/tampak layernya.

Opera Cake udah jadiiiiiii... dan siap dihias topingnya sesuai selera.

**Jika ingin menutup seluruh permukaan Opera Cake ini dengan coklat, saran saya gunakan Coklat Masak yg berjenis Coating (bukan yg compound ya). Masukkan/bekukan dulu seluruh opera cake tadi ke kulkas, keluarkan baru siram dengan Coklat Coating.



Buat Opera Cake ???? Siapa Takut...

Artikel Terkait

2 komentar:

mas@mummy of nuqman mengatakan...

bagaimana mau buat topping coklat coating? lelehkan aja atau mau dicampurkan dengan whipping cream?

maya mengatakan...

Mau ralat sedikit opera cake ini resepnya saya rasa bukan karya Mbak Ita karena resep ini diadaptasi dari Opera Cake Paris Sweets by Dorie Greenspan. Cek saja di blognya. By the way opera cakenya hasilnya bagus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...