Selasa, November 25, 2008

Blueberry Crumb Cake

Aku paling nyaman menikmati cake dengan crumble topping !! 

Rasa manis berpadu dengan gurih cacahan mentega & tepung, sungguh merupakan kombinasi rasa yang aku suka.

Salah satu yang paling gampang dan aku pernah aku buat adalah resep adaptasi dari Yasa Boga ini. Mengusung paduan  blueberry crumble  sebagai topping dan cake yang kubuat beraroma lemon.

** Enak.....

Apalagi jika ditemani secangkir teh susu hangat instan, kesukaanku, produced by Sariwangi.

Klop ... lengkap deh hidup ini.... !



Resep :
* adaptasi  buku CAKE & PASTRY by Yasa Boga

Ingredients
250 gr Mentega Tawar
225 gr Gula Kaster ( aku pake cuman 200gr )
5 btr Telur , pisahkan kuning & putihnya
200 gr Tepung Terigu
1/2 sdt Baking Powder
1 sdt vanili ekstrak ( aku pake pasta lemon, Sicilia BROWN )

Crumble/Taburan :
1 kaleng blueberry, tiriskan  ( aku pakai - 100 gr Selai Blueberry )
100 gr Tepung Terigu
75 gr Mentega
50 gr Gula kaster
1 sdt Vanili ( aku nggak pakai )

*** Note : pembuatan crumble versi Yasa Boga, campur semua bahan, tiriskan blueberry kaleng-potong kecil2, tepung, mentega, gula & vanili, aduk dengan pisau pastry hingga berbutir-butir. 


Direction 
1. Kocok mentega & gula hingga lembut.
2. Masukkan kuning telur satu per satu, sambil terus dikocok, hingga lembut mengembang.
3. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
4. Kocok putih telur, hingga soft peak. 
5. Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan mentega sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
6. Tuang ke 2 buah loyang ukuran 10X30cmX3 cm (loyang brownies panjang).
7. Aduk adonan taburan/crumble ; tepung terigu, mentega & gula kaster dengan menggunakan garpu/pisau pastry hingga berbutir-butir.
8. Tuang selai blueberry dalam pipping bag/plastik segitiga, sisihkan. 
9. Oven dengan suhu sekitar 160 derajat celcius hingga 3/4 matang, selama kurang lebih 20 menit, keluarkan loyang dari oven, taburkan bahan taburan tepung di atas cake kemudian  semprotkan selai blueberry menyilang ke atas adonan. Oven lagi hingga cake matang & taburan melekat pada cake, sekitar 10-15 menit.



Artikel Terkait

6 komentar:

mae mengatakan...

yummy... aku jg paling doyan mbak ama kue ini, pokoke yummy bgt apalg klo crumble nya banyak.

mae mengatakan...

wenake rek udah dapat label lulus KBB#8, wekku kok gak mari2 yo... *sigh*

Mira Assjarif mengatakan...

waduh virus baking mulai merasuk lagi. *sambil melirik selai blueberry sisa JCC kemarin.
bikin gak yah?
bikin gak yah?

Kedai Rachmah mengatakan...

* Mae : ....ayooo cepat selesaikan Mae, nanti bisa kualat lho wkt kamu jadi host nanti...heheheheee

* Mira : ... Bikiiiiinnnnnn.................... tak tunggu laporannya'

strawberry dessert kedai mengatakan...

mbak kalau aku lebih suka pake raspberry, dengan tambahan strawberry jam

asthie_christ mengatakan...

Halo mbak,saya mau tanya...1 resep kan jadi 2 loyang 30x10, itu tebal cakenya kalo udah matang kira kira berapa cm mbak? Trus kue ini tahan berapa hari di suhu ruang(ga masuk kulkas)?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...