Kamis, November 20, 2008

Espresso Brownies

Brownies..... ?!!
Hmmm...mendengar kata itu, seolah harus menelan ludah karena membayangkan rasa coklat berpadu dengan harum mentega didalamnya.... ehmm ... wangii...

Kali ini ingin menguji resep dari sebuah buku berjudul BROWNIES by Linda Collister

Photobucket


Ingredients :
230 gr Good quality plain chocolate (aku pake MCC sejumlh sama beratnya) 115 gr unsalted butter, softened 300 gr caster sugar (aku pake 275 gr, gula pasir, diblender sebentar) 5 large free range eggs, lightly beaten 4 tablespoons, strong espresso coffee, room temperature (aku pake 2 sachet instant coffee, dilarutkan di 1 sdt air panas) 70 gr plain flour 70 gr cocoa powder, plus extra for dusting (aku cuman pake 60gr saja) 15 gr susu bubuk full cream (yg ini aku tambahkan sendiri, gak ada diresep)


Direction :
1. Kocok butter & gula, sampe lembut.
2. Kocok telur hanya sampai mengembang biasa saja, masukkan adonan butter ke dalam kocokan telur, kocok lagi rata.Masukkan instant coffee, aduk rata. 
3. Ayak bahan kering tepung, cocoa powder, susu bbk, Masukkan ke dalam adonan telur tadi, aduk rata. 4. Terakhir, tuang MCC ke dalam adonan, aduk rata. 
5. Poles & alasi kertas roti, bawah & sekeliling loyang 20x20x4 cm = 1 loyang. Tuang adonan, oven dgn suhu 160-165 derajat celcius sekitar 35-45 menit atau hingga brownies matang. 

** Hasilnya : Tekstur brownies cukup lembut, rich in chocolate ! bagi penggemar coklat ... pasti bilang ENAAK ! Cuman, sptnya rasa kopinya kurang nendang sih, next time mungkin bisa pake 3 atau 4 sachet kali ya. Tp, tingkat kemanisannya sedang, karena takaran gulanya sudah aku kurangi.

Artikel Terkait

5 komentar:

mae mengatakan...

kapan aku dikasih ini lagi... :q

Kedai Rachmah mengatakan...

Mae...oh Mae...ntar bisa melebar lho kalo keseringan aku kasih ini !

Anonim mengatakan...

hai mba.....kemaren lagi iseng mau buat brownies yang agak berbeda, jadi nemu resep ini di kedai rachmah. Tapi aku punya masalah mba, aku udah oven 170c slama 30menit dengan panas atas bawah, dan blm matang dalamnya, jadi aku pake api bawah 180c slm 30m lagi, tetep belom matang mba...huhu, sedih, padahal rasanya enak banget...harusnya gimana ya mba ?

Rachmah Setyawati mengatakan...

hmm...seharusnya jika benar suhu yg tercantum pd oven Anda itu tepat, maka seharunya pula brownies dpt matang sempurna.
analisa pertama saya, bisa jadi karna pada pemanggangan pertama Anda memakai api atas dan bwah, untuk cake /brownies harusnya cukup api bawah saja.
analisa kedua, apakah jumlah cairan yang dipakai sdh benar2 tepat sesuai jumlah dlm resep? jika ada kelebihan sedikit bs jadi akan memperlambat matang isi dlm brownies, walaupun sebenarnya tekstur jenis brownies ini tidak terlalu kering memang, tp tentusaja tetap matang dalamnya walau masih lembab teksturnya.

Jasa SEO mengatakan...

blogwalking

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...