Sabtu, Februari 20, 2010

Puding Dollar Fantasi - Saus Matcha



Gimana teman ? udah lihat penampakan Puding Dollar ini?? bikin ngiler kan..hehehe, pertama membacanya saya juga terpesona. Makanya, nggak perlu butuh waktu lama...langsung aja dipraktekkan, coba yuuk !


Puding Dollar Fantasi - Saus Matcha
--------------------------------------------------------------------
recipe modified by Rachmah Setyawati
source : Buku " Kreasi Puding Lapis " - Ny. Liem - Judul asli : Puding Dollar


(resep ini telah saya modifikasi dari resep aslinya)
Bahan I :
2 bungkus agar-agar bubuk putih
1 sdt Jelly instant
250 gr gula pasir
2100 ml air
essence almond

Bahan II :
1 bks agar-agar bubuk putih
800 ml susu cair UHT putih
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam halus

Bahan III :
Pasta Strawberry
Pasta Lemon
Pasta Greentea/Matcha
sedikit pewarna hijau & kuning


Cara Membuat :
-------------------
1. Ambil mangkok kecil, tuang gula pasir dan agar2 bubuk dari bahan I, aduk rata.
2. Siapkan air di panci, tuang campuran gula pasir dan agar2 bubuk, aduk rata. Nyalakan api, jerang sambil diaduk2 secara berkala hingga mendidih. Tambahkan essence almond, sisihkan.

3. Siapkan bahan II, aduk gula pasir, garam dan agar2 bubuk dalam mangkok kecil. Siapkan air di panci yang berisi susu cair UHT putih, tuang campuran agar2nya, aduk rata. Jerang di atas api dengan api sedang, hingga mendidih (hati2 jangan sampai terlalu mendidih, agar tektur susu tidak pecah). Matikan api.
4. Bagi adonan agar2 bahan II, menjadi 3 bagian sama rata dlm tiga buah mangkok, masing2 beri rasa yg berbeda, contoh : satu mangkok beri pewarna kuning dan pasta lemon, satu lagi beri pasta strawberry, yg terakhir beri pasta greentea/matcha dan sedikit saja pewarna hijau.

5. Siapkan loyang yg bervolume 2,5 - 3 liter. Saya menggunakan loyang kue aluminium ukuran 22X22X10 cm. Basahi loyang/cetakan dengan air matang. Tiriskan sebentar.
6. Pelan2 , tuang adonan bahan I, adonan bening. sebanyak sekitar 7-8 sendok sayur. Biarkan agak mengeras (jika permukaannya disentuk tak bergoyang-goyang dan tak lengket di tangan).
7. Ambil masing-masing dari adonan bahan II , agar2 berwarna, masing-masing 3-5 sdm adonan, tuang secara bentuk bulat-bulat dan diberi jarak antara bulatan yg satu dgn yg lain. Biarkan mengeras, barulah tuang kembali adonan beningnya. Ulangi cara kerja ini , hingga adonan habis, terakhir , lapisan atas adalah adonan bening.
8. Biarkan seluruh bagian puding mengeras, setelah itu barulah masukkan ke dalam lemari es. Sajikan dingin.


Kali ini, untuk sausnya saya beranikan diri kombinasikan dengan saus klasik Vla yang diperkuat dengan sensani matcha/greentea .

BAHAN SAUS MATCHA
---------------------------------
350 ml Susu cair UHT putih
50 gr Gula Pasir
sedikiit saja garam
1 sdm tepung maizena
1 sdm pasta greentea/matcha

Cara Membuat :
1. Ambil 5 sdm susu cair, larutkan tepung maizena, sisihkan
2.Panaskan sisa bagian susu cair dengan api sedang, tambahkan gula pasir & garam, aduk rata.
3. Tambahkan pasta greentea & sedikit pewarna hijau (jika berkenan, sedikiit saja). Aduk-aduk semua bahan hingga susu panas, tuangkan larutan maizena. Aduk cepat hingga rata. Biarkan mendidih. Angkat , sisihkan biarkan uap hilang/dingin, masukkan lemari es. Siap disiramkan di atas puding dollar fantasi.



Puding Dollar Saus Matcha_Rch

Artikel Terkait

9 komentar:

Toko Mainan Main Yook mengatakan...

Puding dollarnya keren banget ...bikin ngiler kinclong gichu..;-)

Judith mengatakan...

Keren banget! .. Kapan2 aku contek ya resep ini, ketok seger gitu ;)
Maturnuwun jeng Rachmah :D

Rachmah Setyawati mengatakan...

@Toko Mainan :
iya emang asli segerr

@Judith : aku jg jatuh hati saat pertama kali melihat di bukunya mbak, hehe..silahkan dicoba

Jiewa mengatakan...

Fotonya kerennn!! Mbak, bikin workshop food photography donk ;)

Anonim mengatakan...

berapa lama bikin puding ginian..? salut...sabar banget.

Dian..ibunyamaiza

Rachmah Setyawati mengatakan...

@Jiewa : makasih Jiewa, hehee bikin workshop ??hihi...wong baru sebatas fotografer kampung jeh, xixii

@Dian : total sekitar 2.5 - 3 jam mbak Dian

Yeni mengatakan...

Salam kenal Mba,
Saya ikut nyontek resepnya ya mbak. kebetulan akhir bulan ini ada acara keluarga, saya kebagian bikin dessert dan saya mau bikin beberapa pudding. Salah satunya yg ini :)

Thanks ya mba udah sharing resepnya :)

Febri mengatakan...

Kerennnn..!! Mau cobain.Thx ya utk share resepnya :)

Erika Rasyid mengatakan...

Sembari menunggu adonan set, cara supaya adonan lainnya tetep cair gmn mbak? Kan waktunya lumayan lama antrinya..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...