Minggu, Maret 29, 2009

KBB #10: Caramel Pots with Minted Shortbread


Semakin lama semakin nyaman saja bergabung di klub yang SATU INI

Tak terasa enam kali sudah aku joint di tiap tantangannya. Kali ini tak terlalu sulit, namun tetap selalu ada saja ilmu baru yang bisa dipetik. Memang enak sih bergabung dengan orang-orang yang memang satu minat & tujuan ya'

Mencoba resep jenis Dessert, tantangan tersulitnya adalah butuh kesabaran. Pasti. Terutama kalo sudah menyangkut pembuatan Caramel. Bila sebelumnya asyik-asyikan membuat Dark/Brown Caramel, sekarang dipacu untuk membuat jenis Golden Caramel.
Seperti apa sih Golden Caramel itu??
Oooo, ternyata tidak coklat-coklat banget warna karamelnya, namanya juga Golden Buu...., jadi jika larutan air dan gulanya udah terlihat mulai kecoklatan dipinggirnya, matikan saja, agar tidak terlalu coklat hasil karamelnya. Memang butuh kesabaran ekstra seperti layaknya membuat caramel spt biasanya.

Hasil pudingnya lembuuut, dipadu ama shortbreadnya...mantaaap !! enyaaak

Nah, silahkan menikmati hasil PR saya kali ini ...
Seperti biasa ada beberapa penyesuaian yg aku buat dari resep aslinya, tentu saja disesuaikan dgn selera pembuat, terutama tentang tingkat kemanisan, hasil yg aku dapatkan pakai takaranku ini, pudding caramelnya manis cukup, sedang shortbreadnya manisnya hanya samar2 saja (cenderung gurih jg karna berasa butter & biji wijen).








Resep Minted Shortbread Sticks
--------------------------------------------------
Original Resep KLIK DISINI

30 g icing sugar

100g tepung terigu

50g maizena

125g mentega tawar, lunakkan (di suhu ruangan)

7 lembar daun mint, cincang (halus)

1/8sdt Vanili bubuk

(untuk shortbread aku buat hanya 1/2 resep, untuk mengimbangi jumlah puding)


DIRECTION

1. Campur icing sugar, semua tepung, vanilli bubuk & mentega di dalam mangkuk dan aduk . Tambahkan daun mint cincang. Aduk rata. Masukkan sebentar dalam kulkas, sampai adonan tak lengket.

2. Keluarkan adonan dari kulkas, jika dalam resep asli digilas & dipotong-potong, kali ini aku buat dalam bentuk seperti buat Biscotti. Jadi aku bentuk bulatan biasa melebar & aku beri variasi taburan biji wijen putih diatasnya. Taruh dalam kulkas sampai adonan dapat cukup beku, kurang lebih 4-6 jam. Baru potong-potong agak tipis memanjang.

3. Siapkan loyang beralas kertas roti. Susun diatasnya. Oven sekitar 20 menit, dgn suhu pertama 150 drjt celcius, jika terlihat mengembang turunkan hingga 125 drjt celcius, hingga matang (kekuningan saja tp matang).


Resep Caramel Pots

--------------------------------

95 g caster sugar

30cc air

125ml susu

250ml krim

3 kuning telur


Kocok dengan whisker gula ke dalam air di atas panci. Hati-hati saat memanaskannya (pakai api kecil saja) dan masak hingga berwarna coklat muda karamel. Matikan api. Campur susu dan krim di sebuah panci yang lain dan hangatkan, jangan sampai mendidih.kemudian masukkan langsung dalam adonan karamel sedikit demi sedikit , sampai tercampur rata . Biarkan uap panas hilang.

Kocok kuning telur lepas hingga mengental. Tuangi sedikit demi sedikit dengan karamel panas tadi, aduk rata (pake whisker ngaduknya).

Tuang ke dalam 4 buah ramekin. Panggang di dalam water bath dengan suhu 160C selama 40 - 50 menit atau hingga set. Angkat, biarkan dingin, lalu masukkan ke dalam kulkas, sajikan dalam keadaan dingin.


KBB #10_Caramel Pots_Rchs

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...