Kamis, Juli 29, 2010

Got alot of gifts last Sunday , Yippie ! Thanks to God ....

Ini nih ... yg berhasil memaksaku datang ke Jakarta hari Minggu kemarin, hehehhe ... Berkat resep sehat ini , alhamdulillah....membawa berkah banyak di hari itu.

Lewat Sayembara Resep Sehat yang diselenggarakan sebuah radio swasta di Jakarta, yaitu GREEN RADIO dan Organisasi Sawit Watch inilah, kita ditantang untuk bisa lebih menyajikan masakan yg tetep enak, tetep sehat ... tanpa minyak goreng tanpa margarin.

Idenya sederhana saja dari Urap-urapan sehari yg kita konsumsi, tp otak ini tetep aja nggak bisa jauh2 dari urusan jamur dan keluarganya. Jadilah, usil mengkombinasikan sayuran urap-urapan dengan aneka jamur yang sehat itu.

Hasil akhirnya, not bad at all !
You should try this home , friends ! Really !

So...
Selamat menikmati sajian malam ini....
Ini menjadi alternatif untuk mengolah jamur-jamur yg ada di rumah ya....



RESEP URAP JAMUR ENOKI
by Rachmah Setyawati


Bahan :
6 bh Kecipir, cuci bersih, potong-potong sekitar 3 cm
1 genggam Taoge, cuci bersih, buang ujung akarnya
1 ikat Lembayung/Kenikir, ambil daunnya yg muda saja, cuci bersih, potong2
1 ikat Daun Gingseng, cuci, potong2
100 gr Jamur Tiram Putih, rebus hingga agak lunak saja, iris memanjang
6 bh Jamur Shittake (kering) , rebus hingga lunak, iris memanjang tipis-tipis
1 genggam Jamur Enoki, cuci bersih , potong ujung akarnya saja, sisihkan
(saya lebih suka menyantapnya segar untuk urap, jika tak suka bisa saja direbus/blansir sebentar dengan air panas)
2 sdm Lamtoro, cuci bersih, sisihkan
Sedikit Daun Kemangi, cuci bersih, ambil daunnya, sisihkan

½ butir Kelapa yg setengah tua, ukuran sedang – parut memanjang

Bumbu Halus :
4 Siung Bawang Putih
1 sdt Garam Halus
½ sdt Gula Pasir
1 Ruas jari Kunyit Bakar, setelah dibakar, kupas kulitnya
1 sdt Terasi ikan/udang, bakar dlm bungkus daun pisang
3 bh Cabe Merah
2 Cabe Rawit
4 bh Daun Jeruk Purut, buang tulang daunnya

Cara Membuat :
Haluskan semua bahan bumbu halus, campur dengan parutan kelapa parut, aduk rata. Goreng Sangrai (tanpa minyak), hingga semua bumbu tercampur rata, harum dan menyatu. Tidak usah sampai kelapa kering, asal bumbu sudah menyatu dan tekstur kelapa parut sdh tidak terlalu basah/lembab. Matikan api, sisihkan.

Didihkan air, rebus kecipir, lembayung/kenikir dan daun gingseng, secara bergantian, dengan kondisi ¼ matang saja.
Rebusan terakhir, didihkan air, matikan, masukkan taoge, ¼ layu, angkat , tiriskan.

Penyajian : Campurkan masing2 bagian sayuran dan jamur, pada mangkok besar, beri beberapa bagian kelapa sangrai berbumbu tadi, aduk rata. Beri daun kemangi di atasnya sebagai garnish. Sajikan.



Acara Sayembara Resep Sehat ini sendiri digelar sekitar 1 bulan yang lalu. Hingga pada acara puncak pengumuman para finalisnya dilaksanakan di Taman Menteng tanggal 25 Juli 2010, kemarin dengan menggelar event bertajuk GREEN FOOD FESTIVAL. Penyelenggaranya adalah sebuah radio swasta di Jakarta yang sangat perhatian pada issue menghijaukan bumi kita ini, yaitu Green Radio 89.2 FM beserta sponsor utamanya dari organisasi SAWIT WATCH.

Dewan juri yang terdiri dari Chef Ena Lubis, Chef Tatang dan 2 orang dari tim Sawit Watch, terpilihlah 3 resep yang masuk dalam babak final dari sekitar 60 resep yang terkirim ke meja panitia lomba, yaitu, Resep Urap Jamur Enoki (by Rachmah S), Resep Nasi Vaganza Daun Mengkudu (Pak Sahak) dan Resep Bunga Salmon U-pel (Ubi Apel , Angelica Rini).

juara



Seru sekali acaranya, dimulai dengan mendemokan semua resep-resep para finalis lomba satu per satu. Kebetulan resep saya mendapat giliran pertama tampil, serta didemonstrasikan oleh Chef Ena Lubis.

Present1




Berikutnya, secara maraton ditampilkan juga resep-resep para finalis lainnya, berturut-turut oleh Chef Bara Pattirajawane dan terakhir Chef Tatang. Lebih seru lagi, setiap selesai memasak resep dari para finalis, setiap Chef juga memberikan satu resep special mereka, diantaranya Mie Ayam Kuah Nanas oleh Chef Ena Lubis, Ayam Kukus oleh Chef Bara Pattirajawane dan Pepes Kelapa Muda Telor Asin dari Chef Tatang.

Chef chef



Menjelang sore hari, semua demo masak telah ditampilkan, tiba pada waktu pengumuman pemenang lomba. Dan alhamdulillah, resep saya beruntung menjadi juara pertama. Juara kedua diraih oleh Pak Sahak, ketiga diraih oleh Angelica Rini.
Present3


Senang, gembira, campur jadi satu deh.... namun di atas semua keberuntungan ini, justru ada hal-hal lain yang menjadi penting untuk saya syukuri, yaitu bisa bertemu dengan teman-teman baik yang sebelumnya hanya dapat berkomunikasi lewat dunia maya.
Ada mbak Emma Isti , Pak Sahak, Chef Ena Lubis sendiri dan ada juga Tanti Mardianti yang udah bela-belain datang ke acara itu untuk kopdaran bersama. Duuuh , senangnya, nambah teman , nambah silaturahmi...

Semoga saja, di waktu-waktu berikutnya bisa punya kesempatan menghadiri lagi acara-acara seperti ini. Amiiin....

Terima kasih pada pihak penyelenggara acara, terima kasih pada teman-teman FB yang sebelumnya sudah banyak mengiring saya dengan doa-doa terbaiknya.... duuuh I luv U all deh !




Present2


Present4



Artikel Terkait

4 komentar:

Keluarga Cinta mengatakan...

Mbak Rachmah...

Aduhh...aku seneng banget bacanya. Selamat ya, mbak, karena sudah menang (you deserved it) ,selain itu resep ini menjadi inspirasi makanan yg sehat buat keluarga. Kapan ditayangkan di tv nih? Tak tungguin..

hugs & kisses,
hanna

Rachmah Setyawati mengatakan...

**hugs mbak Hanna...

Matur nuwun apresiasinya, smg membawa banyak manfaat bagi yg membacanya :)

Itu yg hasil wawancaranya aku nggak tau deh, hihii..nggak sempat nanya kapan akan ditayangkannya. Hatinya dah terlalu happy bisa ketemua ama temen-temen di jkt dan diundang di acara itu..hehehe

deeTha H mengatakan...

selamatong yong, mbak Rong..

sayange aku g doyan urap meski ada jamurnya.. hiks.. hiks...
nek jamure tak goreng lalu digado ae entuk po ra? :-s

Rachmah Setyawati mengatakan...

@Deetha : hahahaa...kalo buat kamu sih, meski goreng2an terus ya nggak apa2 ...justru menambah asupan lemak..hiahahahhaaaa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...