Rabu, Maret 16, 2011

Chocolate Modelling (homemade)


Hari ini nyobain chocolate modelling resep dari Chef Giat Setyawan - Technical Advisor TULIP Chocolate, saat acara ULTAH FoodMonster Surabaya digelar minggu lalu.
Hasilnya tidak mengecewakan. Prosesnya juga tidak sesulit yang dikira kok. Ini aku copas lagi komposisinya, biar bisa dicobain juga buat teman-teman yang mungkin belum pernah mencoba membuatnya.


CHOCOLATE MODELLING
by Chef Giat - TULIP

Bahan-bahan:
1kg Tulip Compound Dark/White
200 gr Glucose
75 gr Gula pasir
75 gr Air (gunakan air matang)

Cara Membuat :
1. Lelehkan DCC, sisihkan
2. Campur dlm panci kecil, Glucose+GulaPasir+Air Matang, masak di atas api sedang, hingga mulai keluar gelembung2 kecil/panas saja tdk perlu smp mendidih, aduk-aduk hingga semua gula larut, matikan api.
3. Tuang langsung campuran gula ke dalam DCC cair, aduk-aduk dengan spatula hingga menjadi adonan yg mulai bertekstur liat/terlihat minyak mulai terpisah dari adonan coklat. Aduk /Uleni terus sambil minyak yang keluar dibuang. Lakukan hingga solid/keset.
4. Bila adonan sdh solid/keset, walau terlihat masih berminyak tp sdh tidak keluar minyaknya. Simpan adonan dlm plastik, di suhu ruang AC selama kurleb 12 jam. Esoknya, siap digunakan/diaplikasikan spt layaknya kita menggunakan SugarPaste/Fondant.

Selamat Mencoba .............




Artikel Terkait

3 komentar:

rarose kitchen mengatakan...

mbak R, blh tanya ya, penyimpanan adonan di kulkas apa bs menggantikan ruangan ber-AC? krn di rmhku ga ada AC,hehehehe.....
makasih bnyak ya mbak;)

Rachmah Setyawati mengatakan...

@rarosekitchen : Bisa mbak, asal jangan terlalu lama ya, atau daripada hasilnya nanti terlalu keras, mending biarkan di suhu ruangan (menginap semalam) asal suhu udara tak terlalu panas saja, insyaAllah bisa set.

MG MOLLY GARDEROBE mengatakan...

mbak glucosanya ada merk apa aja? Soalnya di kotaku blm ada TBK, adanya minimarket ngubek2 di tempat bahan kue gak ketemu. :(

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...