Rabu, November 16, 2011

Ayam Cabut Tulang - Saus Merah

Setelah kenal dengan yang namanya Ayam Kodok, akhir-akhir ini malah penasaran dengan yang disebut Ayam Cabut Tulang. Hasil browsing sana sini di internet, sebenarnya jenis olahan satu ini tak terlalu beda jauh dengan Ayam Kodok. Ayam Cabut Tulang lebih merupakan adaptasi dari olahan TURDUCKEN. Bedanya dengan Ayam Kodok adalah, pada masakan ini yang dikeluarkan hanya tulangnya saja, daging ayamnya tetap dibiarkan menempel bersama kulit.

Biasanya proses pemisahan tulang ayam pada masakan TURDUCKEN dengan cara dibelah sepanjang bagian dada, kali ini saya menggunakan cara hampir sama seperti saat melakukan pemisahan kulit dan daging ayam pada Ayam Kodok. Saya memulainya dari bagian dada bawah. Saya temukan dulu tulang-tulang muda yg mengikat bagian dada. Dengan menggunakan pisau tajam kecil, saya sayat pelan dan hati-hati bagian tulang dan dagingnya. Cara ini saya lakukan terus hingga sepanjang tulang utama dada dan punggung ayam. Tidak lupa, saya juga sayat urat pada sendi tulang pertemuan paha bawah dan sayap atas.

Membutuhkan waktu sedikit lebih lama, sekitar 20menit :D ... maklum ini baru pertama kali saya mencobanya. Tetapi, sudah cukup puas. Karna saya sudah benar-benar berhasil mengeluarkan tulang bagian utama dari ayam, lega dan sudah tidak penasaran lagi deh :)

Ide awal, sebenarnya terbayang akan mengolah ayam jenis ini dengan bumbu-bumbu tradisional Indonesia yg pastinya sangat kaya akan rasa. Namun, mengingat mencobanya saja tanpa rencana sebelumnya, jadi saya menyajikannya dengan bumbu-bumbu tak beda jauh dengan ayam kodok sebelumnya. Hanya saja, untuk variasi, saya coba kombinasikan saja dengan saus ala "bolognese". Alhasil, bisa jadi , masakan saya kali ini lebih bernuansa FUSION deh, pencampuran antara bumbu cina pada rendamannya dan ala barat pada saus dan isiannya.

Next, saya masih terbayang-bayang ..... mengolah ayam metode ini dengan bumbu versi AYAM BETUTU khas Bali ... ehmmm... yummy pastiii !**
Hahaha...jadi tambah ngelantur deh ah ! Tapi, bener lho, mengolah ayam seperti ini, ternyata mendatangkan kesenangan tersendiri.

Tertarik mencobanya juga?? Yuuk maree kita mengolah Ayam Cabut Tulang dengan segala variasinya !
Tertarik dengan yang saya buat ini ?? Silahkan disimak resep selengkapnya ...