Sabtu, Mei 19, 2012

ASIAN SPAGHETTI

Dibandingkan Mie Telor, saya memang lebih menyukai rasa dari spaghetti.
Rasa pasta spaghetti cenderung tidak "neg" kalau menurutku. Mau diolah style apapun, saya selalu menyukainya :)

Kali ini saya buat dengan mengandalkan kekuatan aroma bawang putih dan serai saja. Siapa tahu ada yg satu selera dengan saya ?? hahaa.. silahkan mencobanya saja :)

Resep ASIAN SPAGHETTI
      By Rachmah Setyawati.

Bahan-bahan :

1 genggam kecil spaghetti, didihkan air plus sedikit garam dan minyak sayur, masukkan spaghetti , masak hingga "aldente"... empuk tp tidak terlalu lunak sekali. Tiriskan , sisihkan.

100 - 150 gr Udang pancet, cuci bersih, buang bagian kepala, kerat pagian punggungnya, beri sedikit air jeruk nipis, sisihkan
1-2 butir telur ayam utuh, kocok lepas
Daun Peterseli segar/Daun Ketumbar segar, cincang
2-3 sdt kecap ikan

4-5 sdm Minyak Zaitun
5 siung Bawang putih, geprek/pipihkan
1 batang serai, geprek/pipihkan
7 bji cabe rawit, potong kecil
sedikit basil cincang kering
gula & garam halus


Cara membuat :
1. Hangatkan minyak zaitun pd sebuah wajan besar, masukkan bawangg putih, serai dan potongan cabe rawit, tumis hingga harum, sebentar masih di wajan yg sama sisihkan tumisan bw putih, serai dan cabe tadi agak ke pinggir tuangkan kocokan telur ke dalam wajan, dengan api sedikit besar langsung buat orak arik telur dengan rata. Setelah itu baru masukkan udangnya, api kompor tetap agak besar, aduk2 cepat sambil tuangkan kecap ikan ke dalamnya, aduk merata hingga udang agak kemerahan/berubah warna.
2. Segera taburkan basil keringnya, garam dan gula pasir secukupnya, aduk2 cepat dan merata. Kecilkan sedikit apinya, barulah masukkan spaghetti yang telah direbus tadi ke dalam wajan, aduk2 cepat dan merata.
Cicipi, bila rasa sudah pas, masukkan potongan daun parsley/peterseli segar cincang (atau kalau mau lebih segar bisa menggunakan daun ketumbar segar cincang).
Matikan api, sajikan hangat.
 
 

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...