Senin, Mei 07, 2012

Cheese Ball ala Mbak R

Awalnya sangat tertarik dengan sajian cheese ball di salah satu kedai makanan siap saji masakan pasta di salah satu mall di Surabaya. Sampai sempat-sempatnya aku sisakan 1 butir kecil untuk ku bawa pulang , dengan tujuan untuk "kupelajari" hehhee....
Ehhh.. tapi nggak sia-sia lhooo... lewat beberapa kali percobaan akhirnya kubuat komposisi seperti berikut ini ... Enaaak gilaa ! Nggak mengecewakan ! Layak dijual pula ! :)



                                                          CHEESE BALL ala mbak R
                                                          -------------------------------------
                                                 Hasil jadi : sekitar 13-15 bj (diamter sekitar 3-4cm)

 

Bahan-bahan :
250gr Kentang
1/2 sdt susu bubuk (bisa full cream atau non fat)
1/2 sdt cheese cream

125gr Keju Cheddar parut
Tepung Panko/tepung panir
Putih Telur
Tepung Terigu

Cara membuat :
1. Kukus kentang hingga empuk, setelah uapnya hilang, tak terlalu panas, segera kupas dan haluskan , disela2nya waktu menghaluskan masukkan susu bubuk dan cheese cream, haluskan lagi dan merata.
2. Terakhir masukkan keju cheddar parut, aduk merata. Diamkan 15 menit dlm kulkas dingin, hingga adonan mudah untuk dipulun/dibentuk bulatan.
3. Keluarkan adonan dari kulkas, bentuk bulatan2 kecil.
4. Gulirkan bulatan-bulatan adonan tadi ke dalam tepung terigu, lalu celupkan dalam putih telur dengan menggunakan tangan kiri, lalu masukkan dlm tepung panir, balut bulatan dengan tepung panko/panir menggunakan tangan kanan hingga menempel rata.
5. Setelah semua adonan selesai dipanir, simpan kembali dlm kulkas hingga 15 menit, lalu goreng dengan api panas sedang, hanya hingga coklat keemasan saja, JANGAN TERLALU LAMA menggoreng , karna hanya ingin mendapatkan permukaan yg coklat dan kering saja (dalamnya sdh matang semua) -- kalau terlalu lama bisa "pecah adonan".

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...