Senin, September 30, 2013

KBB#36 White Wedding Cake



Happy Birthday my Klub Berani Baking ! Tak terasa sudah menginjak tahun ke-6. Komunitas yang satu ini memang boleh dibilang pioner untuk komunitas yang mempunyai kegiatan pemberian "Tantangan Baking" di Indonesia. 
Dari tahun ke tahun, saya pun masih dibuatnya betah untuk tidak meninggalkannya. Sebagai salah satu anggota di klub ini, seperti yang sering kali saya pernah sebutkan di beberapa postingan hasil laporan tantangan, saya seperti menemukan "jodoh". Pikiran-pikiran "Liar" saya tentang sebuah karya Baking, bisa saya tuangkan dengan bebas di setiap PR-PRnya.
Semoga ke depan, KBB masih ada ... dan terus ada hingga dapat membuat pikiran saya menjadi selalu "Waras" , paling tidak 2 bulan sekali.

Ulang Tahun kali ini, kita merayakannya dengan tantangan membuat White Wedding Cake dengan dihias frosting fondant icing serta royal icing  buatan sendiri. Dalam bentuk ukuran yang mini. Jelas, juga sudah merupakan tantangan tersendiri buat tiap anggotanya . Karna menghias cake kecil/mini, akan terasa lebih butuh kesabaran dan kejelian. 
Seperti biasa, selengkapnya tentang resep tantangan ini, bisa langsung dilihat disini : http://klubberanibaking101.blogspot.com/2013/08/resep-kbb36-white-kbb-6th-birthday-cake.html


Ayo, kita mulai "Have Fun" di dapur untuk buat sesuatu yang enak dan cantik hari ini !

White Chocolate dan Apricot Mud Cake
Sumber: AWW Cupcakes, Cheesecakes, Cookies. ACP Books, 2001.
125g mentega, cincang kasar
75g white chocolate, cincang kasar
220g gula caster ------> saya hanya gunakan 145 gr Gula Pasir
125ml susu
105g tepung terigu ----> saya gunakan 100gr Tepung Terigu
75g tepung self-rising
75g manisan apricot kering, cincang kecil-kecil -------> saya gunakan manisan mixed fruit sejumlah 50gr saja
½ sdt ekstrak vanila ------ SKIP
1 btr telur --------> saya gunakan yg ukuran agak besar
110g apricot jam, hangatkan, saring ---- saya gunakan selai nanas, tanpa disaring
80g icing sugar
900g fondant putih
Modelling fondant ---------> Untuk kebutuhan resep cake diatas , saya membuat 2X resep Modelling Fondant ini
2 sdt gelatin
1 ½ sdM air
2 sdt glucose syrup
240g pure icing sugar (bukan icing sugar mixture) -----> saya gunakan icing sugar kualitas bagus
80g ekstra pure icing sugar ------------> saya gunakan icing sugar kualitas bagus, sejumlah ini hanya untuk kira-kira saja, ditambahkan secukupnya saat menguleni adonan fondant.

Cara Membuat Modelling fondant:
Tabur gelatin di atas air dalam mangkuk (atau cup); letakkan di atas panci berisi air panas di atas api kecil, aduk-aduk hingga gelatin larut; tambahkan glucose. Letakkan sebagian dari icing sugar yang telah diayak ke dalam mangkuk ukuran sedang, masukkan campuran gelatin. Masukkan sedikit demi sedikit sisa icing sugar. Uleni sampai lembut, di atas meja kerja yang telah ditaburi ekstra icing sugar. Bungkus dengan plastik sampai nanti diperlukan.
Royal icing ---------> Untuk kebutuhan resep cake di atas, saya membuat hanya  kira-kira 1/2 dari resep ini
240g pure icing sugar -----------> kurang lebih saya hanya butuh 150gr Icing Sugar kualitas bagus
1 putih telur -------------------------> saya menggunakan 25 gr Putih Telur
½ sdt lemon juice
Cara membuat Royal Icing:
Ayak icing sugar dengan ayakan dengan saringan sangat halus. Kocok ringan putih telur dengan mixer, tambahkan icing sugar sedikit demi sedikit (sesendok makan). Ketika icing sudah mencapai pucuk lancip, gunakan sendok kayu untuk mengaduk lemon juice ke dalamnya; tutup rapat dengan plastic wrap.

Cara Membuat White Wedding Cakes
  1. Buatlah Modelling fondant terlebih dahulu (lihat cara membuat modelling fondant di atas). Di meja kerja, taburi icing sugar ekstra, gilaslah fondant dengan ketebalan kira-kira 3mm. Buatlah bunga menggunakan cetakan bunga ukuran 3,5cm dan 1,5cm. Bentuklah bunga dengan ball tool; keringkan di atas serbet dapur yang bersih.
  2. Panaskan oven suhu 170C atau 150C fan-forced. Alasi Texas muffin tins (cetakan cupcake/muffin yang besar ukuran ¾ cup atau 180ml) dengan cupcake cases.
  3. Campur mentega, chocolate, gula dan susu di dalam panci; aduk dengan api kecil hingga lembut. Pindahkan adonan ini ke dalam mangkuk berukuran sedang, biarkan mendingin selama 15 menit.
  4. Masukkan tepung-tepung yang telah diayak, apricot, ekstrak dan telur sambil diaduk rata; bagi rata ke dalam cetakan muffin.
  5. Panggang selama sekitar 45 menit. Angkat cakes dan pindahkan ke atas wire rack supaya dingin.
  6. Sementara itu, buatlah royal icing (lihat cara membuat royal icing di atas). Sendokkan icing ke dalam piping bag dengan spuit polos kecil, tetaplah tutup icing dengan serbet lembab supaya tidak kering.
  7. Keluarkan cake dari kertasnya. Trim pinggiran cakes sehingga bisa membentuk silinder yang rapi ketika ditumpuk. Satukan dua cakes (menjadi tiga silinder) dengan apricot jam; olesi cakes dan sisi-sisinya dengan sisa apricot jam.
  8. Di atas meja kerja yang sudah ditaburi icing sugar, uleni fondant hingga lembut. Bagi tiga bagian yang sama. Gilas setiap bagian dengan ketebalan sekitar 5mm. Tutup ketiga silinder cake dengan masing-masing fondant. Trim alasnya dan haluskan permukaan fondant.
  9. Semprotkan royal icing di belakang masing-masing bunga; tempelkan ke atas cake. Semprotkan bentuk titik di tengah setiap bunga dan di sekeliling base cake (untuk border di cake sebelah bawah).

NOTE : Untuk cara pembuatan cake , modelling fondant dan royal icing , saya mengikuti step by step cara pembuatannya seperti dlm  resep tersebut di atas. Tetapi, untuk hasil akhir cake, saya sengaja menuangkannya/mencetaknya dlm loyang bulat 20cm tinggi 4 cm , untuk sekaligus menguji apakah adonan cake ini bisa diperlakukan juga sebagai cake tart /cake potong. Baru kemudian saya cutter ukuran bulat dengan diameter beragam, menjadi 3 bagian mini cake tart. Dan ternyata ... Bisa diandalkan!! Hasil cake cukup memuaskan, dengan penggunaaan butter kualitas bagus di dalamnya, serta pengurangan jumlah gula pasirnya, menghasilkan cita rasa cake yang enak dan tekstur cake yang tidak terlalu beremah. 

Hasil akhir sangat puas dengan pengerjakan tantangan kali ini. 
Iya dong ... apa sih yang nggak buat KBB !












Artikel Terkait

5 komentar:

Pemula mengatakan...

terimakasih atas infonya, menarik untuk dicoba.

wiwied wiedya mengatakan...

Buat pemula banget dlm dunia baking,bisa ikutan gk mbak?

jingga devet mengatakan...

Tahukah anda bahan baku umumnya dari gelatin? Anda Islam? Gelatin kebanyakkan dari bahan tulang/kulit babi, karena jauh lebih mudah dan stabil dari pada tulang/kulit sapi ato ikan.
Selamat. Gelatin juga digunakan dalam dunia farmasi yaitu pelapis kapsul, dalam dunia kosmetik.
Dalam dunia makanan sendiri, terdapat dalam es krim, jeli, permen lunak dll.
Gak nyangka'kan? gak nyangka pasti...

Rachmah Setyawati mengatakan...

Bisa mbak Wiwied.

puspa mengatakan...

fondant dg gelatin merek bakels dan fondx sudah dapat sertifikat halal kok Mbak. Kalau ragu2 gelatinnya sapi atau babi, mending ga usah buat sendiri, beli jadi aja. Tapi insyaAllah ada kok gelatin yg sudah dpt sertifikat halal. Harus liat kemasannya. Semoga tidak membuat resah para bakers :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...