Kamis, Oktober 01, 2009

KBB #13 : Merah Putih , Indonesian Bakers Berani Bersatu




My Heart, My Soul , My Creation .............

KBB13 ANNIV_2 My Heart , My Soul ..



Yes, I'm really proud to be one of Indonesian Bakers.
Terutama sejak bergabung dalam KLUB yang satu ini. Bisa lebih menggali potensi diri di dunia baking, belajar dan terus belajar menjadi lebih baik lagi.

2 tahun sudah klub yang beranggotakan maksimal 100 orang ini berdiri. Setiap 2 bulan sekali pula semangat dari tiap2 orang yg mempunyai komitmen tinggi di bidang baking terus diuji & diasah. Harapan ke depan, semoga semangat itu tak pernah surut. Terlebih jika harus mengingat kita turut berkomitmen secara tak langsung menjadi seorang Indonesian Baker sejati, yang akan selalu berusaha juga melestarikan warisan kuliner Indonesia selain belajar kuliner dari manca negara.

Persembahan 2nd Anniversary of KBB kali ini mengambil tema yang sangat menggugah hati. ........ My heart, My soul, My Creation ........

Melengkapi tema itu, saya sajikan satu karya yg telah saya buat dengan sepenuh hati, seiring alunan musik dari YOGYAKARTA dari KLA Project-saat mengerjakannya. Membuat tangan ini mulus mengerjakan setiap tahap menghias cake kali ini.
Ya, musik dan baking sekarang menjadi tak bisa dipisahkan .... kombinasi keduanya bisa lebih memacu semangat untuk berkreatifitas.

Hope you can enjoy this presentation, semoga mampu memberikan inspirasi positif bagi setiap penikmatnya.



Step by Step
Step 1
1. Siapkan satu buah cake yg sudah rapi. Kali ini, saya pakai Rich Chocolate Cake, 3 layer, filling selai aprikot. Lapisi tipis kue dengan BC secara merata, dinginkan di kulkas. Setelah dingin, cairkan coklat masak warna merah, biarkan hingga suhunya agak menurun tp masih tetap cair, segera tuang di atas permukaan kue. Goyangkan kue pelan hingga lelehan coklat merah dapat merata sempurna, lakukan agak cepat sebelum coklat membeku.

** tips : jika tak punya ready coklat merah, bisa memakai coklat warna putih atau pink, yg kemudian diberi pewarna khusus coklat (berbahan minyak) warna merah. Spt, diatas itu, saya pakai coklat warna pink, saya beri warna Merah Tua merk Trans. Hanya harus hati2, setelah coklat leleh sempurna, beri pewarna, aduk2 cepat hingga bener2 merata (karna lebih cepat mengeras), sambil terus diaduk2 siramkan segera pada permukaan kue, lakukan cepat, dan ratakan segera, goyang2kan cake agar coklat cepat merata sebelum membeku.



Step 2
2. Membuat pagar coklat. Saya memakai pagar coklat plastik bermotif musik yg panjang.

Caranya :
Pertama, dinginkan cetakan pagar ke dalam kulkas hingga mengembun, beri coklat merah ratakan pada motif yg tercetak lebih dalam dengan punggung sendok. Masukkan kulkas kembali hingga beku.
Kedua, keluarkan cetakan, kikis dengan spatula/penggaris coklat yang tidak masuk dalam lubang motif cetakan. Bersihkan/lap permukaan cetakan dengan tissue/lap kain kasa bersih, hingga permukaan motif yg tak dalam bersih bening dari coklat warna merah.
Ketiga, timpa langsung cetakan pagar coklat dengan coklat putih yg sudah dilelehkan. Ratakan keseluruh/sepanjang cetakan. Bekukan kembali ke dalam kulkas. Jika sudah beku, maka coklat pagar dapat dengan mudah dilepas dan dipotong2, dibentuk untuk melapisi/menghias pinggiran kue.

Ambil cake yg telah disiram coklat merah tadi, beri sedikit BC pada sisi2 pinggirannya, tempelkan pagar coklat bermotif dengan rapi.



Step 3
3. Kemudian, siapkan fondant, uleni elastis, beri warna merah (saya pake Wilton-Red). Uleni hingga warna merah merata. Gilas rata fondant merah seluas lebar alas kue yg diinginkan. Siapkan alas kuenya, kuas rata permukaannya dengan air matang. Tempelkan gilasan fondant merah menutupi permukaan alas kue, rapikan.
Siapkan cake yg telah dihias pagar coklat motif tadi, letakkan secara hati2 diatas alas kue yg telah dilapisi fondant merah.



Step 4
4. Menyiapkan dekorasi.
Buat bulatan-bulatan kecil dari fondant warna merah dan putih. Kuas tempat yg diinginkan dengan air matang, tempelkan bulatan tadi secara selang seling hingga ke seluruh keliling pinggiran bawah kue tart. Cetak huruf inisial Klub Berani Baking dengan fondant putih, biarkan agak kering sebentar. Sambil saya gunakan sisa BC putih - pakai spuit wilton no.1 untuk menuliskan tulisan 2nd Anniversary. Terakhir, tempelkan huruf2 KBB tadi dgn perekat air matang pada permukaan alas cake.



Step 5
5. Terakhir nih yg paling utama menurut saya.....hehehe, karna sering kali kita kesulitan dalam finishing touched. Salah sedikit saja bisa keluar lagi dari ide awal yg sudah kita set dari awal.
Sedikit lama memikirkannya, bagaimana caranya ya??, pikir saya.
Saya ingin ada figurin seorang Cheff di atas cake ini, karna keterbatasan pewarna fondant dirumah, akhirnya saya urungkan niat itu.
Tapi, saya masih ngotot pingin mempertahankan konsep itu?? sementara kalau harus menggambar figur Cheff sendiri .. waduuuh...mulai jaman SD saya paling payah kalau disuruh gambar ^^^...
Printer di rumah jg sedang rusak ! (**lengkap sudah , mulai keluar keringat dingin^^^---)


Namun, memang benar kata orang, jika kita mengerjakan sesuatu karna cinta, dengan hati, maka segala kendala apapun pasti dilalui dengan muluss.
Akhirnya, aku coba browsing gambar2 Cheff via internet. Begitu menemukan yg pas di hati, tak kurang akal deh ! Aku ambil kertas putih, aku salin polanya langsung di Layar Monitor ! hehehehe....now it's done !
Sudah dapat gambar Cheff tinggal gunting aja sesuai patron, dan gilas fondant putih, lalu potong sesuai pola.
Giliran selesai potong pola, bingung lagi musti dihias apaaaa ya itu pola yg polos melompong??!!
Mau ditimpa BC...rasanya terlalu tebal. Mau dilukis ?? tak punya kuas kecil. Hmmm.. bener2 payah nih. Lalu ... *** tiing !! hahahaa pilihan akhirna jatuh pada cotton bud yg biasa dipake buat persediaan pulas eye shadow....
wadooowww .. kacau deh (*tp bersih dan higienis kok **), tinggal dicelupin ke pewarna merah wilton, dan dipulaskan ke atas pola tadi,,,, dan Clingg ta daaaa... jadi deh .
Tinggal sentuhan akhir, aku buat catatan kecil di atas cake, catatan yang aku yakin teman2 lainnya juga akan bangga menyandangnya.



Happy 2nd Anniversary KBB-ku, smoga semangatnya terus menyala di tahun-tahun berikutnya.

Artikel Terkait

2 komentar:

Vin mengatakan...

kereeenn....idenya ok banget tuh rahc! congrats!

Rachmah Setyawati mengatakan...

makasih Vin..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...