Selasa, April 01, 2014

Es Krim Kukus


Sudah lama ya trend cake kukus bentuk es krim ini? Iya, 1-2  tahun lalu ada seorang teman yg pernah posting di facebooknya. Tapi kok saat itu saya belum tertarik. Hingga sampai pagi tadi, salah satu teman baik -  Angela Mulianie Tombokan - "ngomporin" dan tebar "racun" cake model ini via grup WA. Gayung bersambut, langsung deh terbakar "komporan"nya. Sengaja buat hanya sedikit saja, yang penting disukai, dimakan dan habis :), pikirku. Dan alhamdulillah, sesuai perkiraan, aku buat rasa kesukaan Putri, putri semata wayang saya, yaitu paduan rasa coklat dan rasa greentea/matcha.

Based cake, kita bisa memakai resep bolu kukus apa saja sih, yang penting dibentuk tampak seperti ice cream cone. Ide awal cake bentuk ini dulu menyerupai bentuk ice cream merk Cornetto  tuh  .... dalam perjalannya kesini, bisa saja kita variasikan tdk hanya membetuk permukaan yg datar, tp bisa juga dibiarkan membentuk kuncup yang mekar, layaknya kita mengukus bolu kukus mekar/ketawa.
 
ES KRIM KUKUS
by Rachmah Setyawati

Bahan-bahan cone cake :
1 butir telur utuh, pilih ukuran besar
6 gr emulsifier
65 gr gula pasir
65 gr tepung terigu, protein sedang
50 ml susu cair putih uht
pasta coklat - pasta greentea - pasta moka, secukupnya
 
Bahan toping :
Coklat leleh/Ganache Chocolate cair
Kacang Mente cincang kasar

Perlengkpn khusus :
Buatlah 5 bh contong/bentuk kerucut dari kertas roti yang tebal (dobel 2-3 lbr kertas roti)
dengan diameter atas sekitar 5cm pd masing2 contong/bentuk kerucut.
Bila mempunyai cetakan cum cum /cream horn, akan lebih membantu.
Jadi nanti contong /kerucut kertas roti bisa diletakkan pd cetakan cum cum/cream horn saat dikukus.
Tapi bila tidak punya cetakan cum cum/cream horn, pastikan memakai alat kukusan/klakat yg tumpuk. Atau bisa saja melapisi 1/2 bagian contong/kerucut kertas rotinya dgn aluminium foil... yaah , pokoknya banyak cara deh ... yang penting bagaimana caranya bisa dikukus bentuk kerucut hehhe.

Cara membuat :
1. Panaskan klakat/kukusan.
2. Masukkan dlm baskom semua bahan : telur, emulsifier , tepung terigu dan gula pasir, kocok dgn kecepatan maksimal, hingga rata, lalu sambil terus dikocok masukkan susu cair bertahap smp habis, lalu kocok terus hingga mengembang dan kental.
3. Setelah adonan mengembang dan kental, bagi menjadi 3 bagian, beri masing2 adonan dengan pasta coklat, pasta moka dan pasta greentea. Tuang masing-masing adonan berwarna ke dalam 3 buah pipping bag/plastik segitiga.
4. Tuang adonan coklat lebih dahulu ke dalam cetakan contong kertas roti tadi, lalu berikutnya adonan moka, dan terakhir paling atas adonan greentea. Perkirakan pembagian adonan jangan sampai mengisi adonan terlalu penuh. Cukup hampir 3/4 tinggi cetakan kerucut saja. Lalu siap dimasukkan dan ditata ke dalam klakat/kukusan.
5.Kukus sekitar 10-15 menit/ hingga matang. Angkat dari klakat , biarkan dingin suhu ruang.
6. Saat sudah dingin, tuang coklat leleh/ganache chocolate di lapisan atas cake, taburi dengan kacang mente cincang. Biarkan beku lapisan coklat. Baru kemudian buka kertas rotinya, dan siap dikemas dengan cantik.






Artikel Terkait

3 komentar:

Unknown mengatakan...

es krim kukus ya, menarik sekali, apakah ada mesin pembuat es krim kukus yang mudah dan tanpa perlu menggunakan keahlian kusus?

Unknown mengatakan...

Cara ngukusnya gmn kl kerucut mbk?
Krn kukusannya pake panci biasa

Unknown mengatakan...

cara buatnya gmna ya, thank ya infonya
nonton film online
nonton film gratis
download film gratis
download film HD
download film bluray
nonton film box office
download film box office

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...