Minggu, Desember 07, 2008

Kue LUMER (Lumpur gula Merah)


Kadang aku heran, pikiran ini selalu bersemangat jika harus mengutak atik resep Kue Lumpur. Seperti ada obsesi tersendiri, untuk selalu menciptakan variasi baru dalam jenis Kue Tradisional yang satu ini.
Setelah sebelumnya pernah bereksperimen dengan bahan talas, tepung ketan hitam dan tape singkong, kali ini coba aku masukkan unsur gula merah/gula kelapa di dalam adonan dasar lumpur kentang.

Mengingat gula merah memiliki rasa manis tapi jg berasa asam sedikit, maka aku coba kombinasikan rasa gurih dari Kenari yang sudah sangat familiar dipadukan dalam kue lumpur kentang. Harapanku, ternyata terwujud ! hasil akhirnya, rasa manis asam gula merah bisa berpadu cantik dengan gurih kenari dan begitu gigitan kita menyentuh wijen sangrai sebagai toppingnya... wuaah perpaduan gurihnya menjadi menarik sekali. Patut dipertimbangkan untuk menjadi Jenis baru dari Kue Lumpur.

Ayoo kita coba !!


KUE LUMER
( Lumpur gula Merah )
---------------------------------------------------------------
original recipe by Rachmah Setyawati

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

Bahan :
3 kuning telur
2 putih telur

300 gr Kentang halus, kukus haluskan
50 gr Tepung Terigu
1 gr Garam
50 gr Kenari Cincang, panggang cincang

150 cc Santan 1/2 kental
sedikit daun pandan
100 gr Gula Merah/Gula Kelapa/Gula Aren/Palm Suiker, iris tipis2

20 gr Mentega, cairkan

Taburan : sedikit wijen, sangrai


Cara membuat :
1. Taruh santan, irisan gula merah dan daun pandan dalam panci kecil, panaskan hingga gula hancur tp tak sampai mendidih. Saring, sisihkan biar dingin.
2. Campur dlam baskom : Tepung, garam, kentang halus dan kenari cincang. Aduk2, sambil dituangi adonan santan gula merah secara berkala hingga rata.
3. Masukkan kocokan telur, aduk rata (mengaduk dgn sedikit teknik memukul2 adonan)
4. Masukkan mentega/margarin cair, aduk rata. Diamkan 10 menit. Sambil sesekali diaduk2.
5. Panaskan cetakan kue lumpur, tuang adonan 3/4 cetakan, tutup, panggang hingga 3/4 matang, buka tutup taburi dengan wijen sangrai, tutup lagi sampai adonan mulai kelihatan naik, tanda sudah matang. Angkat dinginkan, siap disajikan.

** Hasil jadi : pakai cetakan lumpur ukuran biasa(besar sedang) bisa 9 buah


Artikel Terkait

7 komentar:

Mira Assjarif mengatakan...

Mbaaaaa, mau curhat jangan protes!

Udah dua kali ni nyoba bikin Lapis Malang, hasilnya ancur lebur terus. Kemarin bikin lapisan kuningnya basah. Terus lapisan coklatnya jadi pedet dan bantet dibagian dibawah. Apa gara-gara pake coklat bubuk yang dicairkan? Resep yang Mira pake kan bilang begitu. Terus agak takut pas nyampur mentega cair ke adonan. Kok susah banget kecampurnya ya? Jadi harus diaduk agak lama.. Takutnya gara-gara itu adonannya jadi turun. Tar Mira posting tuh hasilnya di Dapur Ipoek.

Kalo ntar ada pesenan BDCK yang pake lapsur lagi ta fotoin step by step-nya ya Mba. Pliiiss.. Penasaran banget sama kue yang satu ini. Oke Mba? Oke? Oke? *maksa sepenuh hati

Mira Assjarif mengatakan...

eeeh.. ketinggalan..

Mmmuaaah!


hihhihihihi..

Kedai Rachmah mengatakan...

* Oke, Mira... ntar aku lihat postingan kamu, btw, kalo boleh aku minta resep lapsur/lapis malang kamu yg udah bikin kamu panas adem ini. Ntar coba aku lihat deh komposisinya sambil membandingkan cara pembuatan kamu ya...

(*wis gak usah nangis gitu...tambah jelek nanti..hahahahaaa)

Ike Hermawan mengatakan...

baru tau nih Lumer...lumper gula merah...diliat2 ko kayak kue sakura yaaa...? itu oh kue yg berbentuk bintang...tau ngga...?

Kedai Rachmah mengatakan...

* to Ike : dari warnanya mbak yang sama, sama2 coklat. Tp, bentuk & teksturnya jauh beda dong, kue sakura bentuknya pake cetakan bintang, dan teksturnya bolu kukus. Kalo ini, adonan lumpur kentang.
Udah setor MFM bulan ini belum??

Bia Rabiatul Adawiyah mengatakan...

Salam kenal bu....!
Kuenya sangat tertarik,boleh saya contek engga?

Anonim mengatakan...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...