Kamis, April 30, 2009

Onde-onde Tuna Pedas - Masbar April'09

Hampir saja terlewatkan event yang satu ini, padahal ide & bahan dah disiapkan jauh hari sebelumnya. Namun, alhamdulillah masih ada waktu untuk turut berpartisipasi di MASAK BARENG EVENT, yang mengangkat tema Jajan Pasar Berbahan Dasar Beras.

Sengaja ingin memanfaatkan persediaan beras ketan putih di dapur, coba bereksplorasi dengan jajanan Lemper. Tapi, lemper bukan sembarang lemper ! karna adonan lemper kali ini, bisa berubah penampakannya menjadi mirip jajanan Onde-onde.

Kok bisa??!! yaaa pasti bisa, kita coba eksplore bentuknya & kita tambahkan unsur utama Onde-onde, yaitu wijen putih. Rasanya ?? unik, tapi begitu terasa gigitan isian tuna pedas di dalamnya... hmm enak juga ternyata.

Mau cobain??? Hayuuuk... maree...

.Onde-onde Tuna Pedas1


Onde-onde Tuna Pedas
Original Recipe by Rachmah Setyawati
--------------------------------------------------------------

Ingredients :
1/4 kg Beras Ketan Putih, rendam 1/2 jam
250-300 cc Santan Encer mentah
8 lbr daun suji, potong-potong kecil
( bisa diganti dgn jus sawi hijau/jus brokoli)
sedikit garam

Bahan Isi : Ikan Tuna bumbu Pedas (kalengan kecil), buang minyaknya

Wijen putih, sangrai


Directions :
1. Kukus ketan putih selama kurleb 10-15 menit
2. Campur santan kental mentah dgn potongan daun pandan suji, blender, saring airnya.
3. Panaskan santan bercampur air daun pandan suji, matikan api.
4. Angkat ketan putih, masukkan ketan ke dalam santan panas, aduk-aduk rata (diaron)
5. Kukus kembali ketan hijau tadi selama kurleb 30-35 menit/hingga empuk, matang.
6. Hilangkan uap panas ketan hijau, ambil 2 sendok makan adonan ketan hijau, pipihkan , beri isian satu sendok teh Tuna bumbu pedas. Tutup bahan isian tuna, rapatkan spt membuat lemper. Bentuk bundar. Taburi biji wijen rata.
Siap dinikmati.

Artikel Terkait

6 komentar:

Masak Bareng mengatakan...

lhah mbak tulisannya jadi kotak katok gitu hehe....

Btw makasih ya udah ikutan masak bareng... jadi nambah ide nih variasi is onde-onde ga cuma kacang ijo ama keju aja

Salam
Team Masak Bareng
Ayin

deetha mengatakan...

wah, Mbak'e ki selalu ada yg unik2 deh...
inuk tenan ki Onde Tuna Pedas e...

Thanks yo, mbak dah ikutan MasBar

ditunggu partisipasinya lagi bulan berikutnya :)

Sofie mengatakan...

waaahh.. ada bahasa baru.
Semuanya pake simbol :D.
Padahal pengen tau gimana caranya onde2 berasa tuna pedas. Enak ya mba?

tatabonita mengatakan...

Hai mbak Rachmah... salam kenal dari Tata di Malang... wah salut nih sama ide bikin onde-onde ijo tunanya kreatif abiz. Wah mau belajar banyak nih sama Mbak Rachmah, ijin nge-link boleh ya?

Rachmah Setyawati mengatakan...

@Ayin: kotak kotak piye tho???aku lihatnya kok biasa2 aja ya..waaah piye iki ???!!

@Deetha: smg selalu bisa terus berkreasi unik yo mbak. Makasih udah mampir

@Sofie : enak mbak.. wuaah aku gak ngeh kalo penampilan blogku tulisannya ada kotak2nya....huhuhuu

@Tata: senang bisa berkenalan Tata, mau ngelink silahkan...

MiNDY mengatakan...

fotonya keceh mBa. jadi pengen nyoba onde² isi tuna.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...