Kamis, April 29, 2010

Triple Dekker Cake

Special Cake for the special day.... wuaaaaaah...rasanya kalimat itu tepat banget deh buat merayakan hari special ini.

Sekaligus, saya persembahkan sajian ini untuk teman-teman yang sudah sangat perhatian berkenan mengingat hari ulang tahun saya. Beserta kiriman doa-doanya. Semoga segala kebaikan dan perhatian teman-teman diberikan rahmat oleh Allah SWT.

Menemani keceriaan hari ini, saya mencoba satu resep lagi di dapur KEDAI RACHMAH nih...
Semoga dapat menceriakan hari-hari Anda juga ke depan. Dan resep ini bisa diterima pula oleh orang-orang sekitar Anda.

Selamat menikmati !

Triple Dekker Cake

TRIPLE DEKKER CAKE
-----------------------------------------------
by Rachmah Setyawati
(adaptasi majalah Sedap Sekejap)



Bahan Cake Coklat
150 gr Butter, kocok lembut
125 gr 70% DCC, lelehkan
3 kuning telur

60 gr Tepung Terigu
20 gr Coklat Bubuk - aku pakai merk Valrhona

3 putih telur
65 gr Gula Pasir

Cara membuat :
1. Siapkan loyang 22X22X3 cm = 1 bh, alasi kertas roti dan poles mentega merata.
2. Campur Coklat DCC yang telah leleh, ke dalam mentega kocok.Kocok lagi rata.
3. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok dengan mixer hingga creamy/lembut.
4. Ayak tepung terigu dan coklat bubuk, masukkan ke dalam adonan mentega , aduk rata.
5. Kocok putih telur dan gula pasir hingga kaku/soft peak.
6. Ambil sebagian adonan meringue/putih telur, masukkan ke dalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan sisa adonan putih telur bertahap , dan diaduk rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, oven hingga matang.

--------------------------


Bahan Cake Krim Keju
75 gr Butter
60 gr Cheese Cream, biarkan suhu ruang
2 kuning telur

30 gr Tepung Terigu
10 gr Susu Bubuk

2 putih telur
35 gr Gula Pasir

Cara membuat :
Cara membuat :
1. Siapkan loyang 10X22X3 cm = 1 bh, alasi kertas roti dan poles mentega merata.
2. Kocok mentega dan krim keju, hingga lembut.
3. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok dengan mixer hingga creamy/lembut.
4. Ayak tepung terigu dan susu bubuk, masukkan ke dalam adonan mentega , aduk rata.
5. Kocok putih telur dan gula pasir hingga kaku/soft peak.
6. Ambil sebagian adonan meringue/putih telur, masukkan ke dalam adonan mentega, aduk rata. Tambahkan sisa adonan putih telur bertahap , dan diaduk rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, oven hingga matang.

Ganache :
300 gr DCC, cincang kecil2
150 gr Whipped Cream Cair
50 gr Mentega , unsalted
------------> Panaskan whipped cream dan mentega, tak sampai mendidih, hangat saja, tuang dalam potongan DCC, aduk rata hingga DCC meleleh semua. Diamkan sebentar di kulkas, hingga sedikit mengeras/liat. Kocok hingga mengembang/creamy. Sisihkan.


Sirup Kopi :
1 sdt Kopi Instant
200 cc Air hangat
3 sdt Gula pasir
(rhum bila suka)
------------> Aduk rata hingga gula larut, sisihkan



Penyelesaian :

1. Ambil selembar Cake Coklat, bagi rata menjadi dua bagian. Siram masing-masing permukaannya dengan sirup kopi.

2. Ambil satu bagian Cake coklat (separuhnya), poles atasnya (sisi yg sdh diberi sirup kopi) dengan ganache kocok, agak tebal sekitar 1/2 cm, jika kesulitan meratakannya, taruh saja ganache dlam piping bag/plastik segitiga, kemudian semprotkan keseluruh permukaan cake. Tindih dengan Cake Krim Keju diatasnya.

3. Beri Ganache kocok pada lapisan Cake Krim Keju, ratakan, tumpuk lagi dengan cake coklat yang terakhir.

4. Finishing, hias topingnya dengan ganache kocok sesuai selera, taburi coklat bubuk.


Siap dihidangkan dingin.
Setiap potongnya bisa disajikan dengan Vanilla Ice Cream
Hmmmmmmm...... Yummmy !!!


Artikel Terkait

4 komentar:

Dapur Bia mengatakan...

Kelihatannya enak banget...mau coba bikin ach...boleh kan di coba..?

Rachmah Setyawati mengatakan...

Boleh banget dong mbak ...hehhe..silahkan, smg cocok dengan selera mbak ya

Aileen mengatakan...

hallo mbak.. boleh tanya, coklat valrhona nya beli dimana ya mbak? makasih ya mbak... :)

Rachmah Setyawati mengatakan...

@Aileen : kalau disini (Surabaya) memang agak jarang ditemukan, tp saya biasa kadang jumpai ada di Ranch Market atau Papaya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...