Rabu, Agustus 04, 2010

Delicious Fried Prawn with Chilli Chocolate Sauce

Masih penasaran dengan kombinasi udang dan saus coklat??
Atau sekarang bahkan udah belepotan makan udang celup saus coklat pedas??
Hmmm....

Beneran lho,
Kalo aku boleh berkomentar, perpaduan ini unik dan ternyata asyik !
Bisa jadi alternatif menyantap Chocolate yg biasa kita makan ya :)

Ternyata, memang ada beberapa kuliner di luar negeri kita yang memakai bahan coklat masak leleh ini sebagai sajian savoury (sajian gurih, selain kudapan manis spt yg udah kita kenal sebelumnya). Tentu saja, hanya dengan coklat batang/masak yg berkualitas bagus saja yang akan benar-benar bisa sukses menyatukan rasa coklat asli dengan bahan lainnya.

Pada resep aslinya berjudul " Shrimp with Chocolate Sauce" (Buku THE GOLDEN BOOK OF CHOCOLATE - PageOne, Singapore), udang ini terlebih dahulu disiram dengan saus yg berbahan dasar dari cincangan buah tomat segar. Namun, karna persediaan tomat sedang kosong, terpaksa harus memutar otak cukup keras nih…. Apa kira2 yg bisa menggantikannya?? Hmmm….

Setelah ditimbang, pilihan jatuh pada sisa satu buah apel Gala di kulkas. Untuk menambah menarik warna dan sedikit citarasa saja, aku perlu memasukkan sedikit saus tomat botolan ke dalamnya.

Nih, resep selengkapnya sajian malam ini. Sekali lagi , semoga membawa banyak manfaat bagi yang membacanya. Lebih senang lagi, jika ada diantara teman-teman yang cocok dengan kombinasi ini. Well recommended deh ….


Fried Prawn with Chilli Chocolate Sauce

modified by Rachmah Setyawati


Ingredients:

+/- 15 bh Udang Pancet, ukuran sedang/besar, buang kulitnya , sisakan bagian ekor, belah punggung udang, buang bagian urat hitamnya.

sedikit garam dan merica hitam bubuk

---------------------------> Lumuri semua daging udang dengan garam, dan merica bubuk. Sisihkan. Panaskan 4 sdm minyak zaitun/minyak sayur, tumis udang hingga berubah warna. Angkat, sisihkan.


Bahan saus apel

Udang Goreng saus apel

1/2 bagian daging buah apel Gala, ukuran sedang, cincang kotak kecil-kecil

1/2 bulat bw. bombay uk. sedang, cincang halus

1/4 sdt garam halus

Air , secukupnya

1,5 sdm saus tomat botolan

1/4 sdt Minyak Wijen

1 lbr daun salam/bay leaf/thyme

2 sdm minyak zaitun/minyak sayur/canola oil

------------------------------------> Tumis bw.bombay, daun salam/bay leaf/thyme dengan minyak zaitun/minyak sayur/canola oil hingga harum, panaskan sedikit apinya, hingga bw. bombay sedikit gosong, kecilkan kembali. Masukkan potongan/apel cincang, aduk-aduk merata. Tambahkan garam halus, saus tomat botolan dan minyak wijen, aduk-aduk, kemudian tambahkan air secukupnya, biarkan mendidih agak kental. Matikan api, sisihkan .


Bahan Saus Coklat Pedas

50 gr Chilli Chocolate - Dark LINDT, lelehkan

2 siung bawang putih cincang halus

--------------------------------> Masukkan bw. putih cincang ke dalam coklat pedas leleh, aduk rata. Siap disajikan.


Cara Penyajian

Tata beberapa buah daging udang yg telah digoreng tadi di piring saji kecil, tuang saus apel sedikit, kemudian siram dengan Chilli Chocolate Sauce.


Bisa saja , kedua racikan ini disajikan terpisah.

Pertama, Udang Goreng disajikan hanya dengan Saus Apel dan diberi topping daun ketumbar, disantap nikmat dengan nasi pulen hangat.

Kedua, Udang Goreng disajikan hanya dengan dicocol ke dalam Saus Coklat Pedas tanpa diberi saus apel. Bisa disajikan sebagai menu hidangan pesta, dengan coklat fountain yg berisi Chili Chocolate ...... hmmmmmm..... yummy .....


Ajiib nggak sih....

Yang jelas, saya suka sekali kombinasi kedua bahan ini.

Udang ketemu Coklat cair???? Why Not??

Not bad at all.


Delicous Fried Prawn by R



Artikel Terkait

1 komentar:

Mina's Online Shop mengatakan...

hai mb thks resepnya...baru pernah dgr coklat chilli apa benar ada coklatnya yg rasa pedes ??

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...