Kamis, September 30, 2010

Green Marble Pound Cake (Butter Cake)


Green Marble_Pound Cake_Already edited

Bombardir trend tekstur cake yang lembut "menul-menul" di negara kita saat ini, ternyata tak serta merta menghilangkan selera sebagian orang untuk tetap menggemari cake jenis butter type ini. Jaman kecil saya dulu sih, biasa menyebutnya dengan cake klemben/bolu klemben/bolu zebra atau mungkin diantara teman-teman terdapat penyebutan yang lain untuk cake jenis ini, karna tentu saja, lain daerah bisa jadi lain pula penyebutannya.

Resep jenis cake ini pun sudah banyak beredar luas di Internet. Saya paling suka menyantap cake dalam keadaan masih hangat, hehhee....sebab saat hangat itu, kita masih merasakan sedapnya aroma butter/margarin di dalamnya....hmmmmmm.... wangi bukan??! Walau sadar jenis cake ini cukup berat dibanding sponge cake, tetapi tetap saja saya hanya suka jika membuatnya dalam komposisi jumlah tepung terigu lebih sedikit dari kebanyakan resep-resep yang ada.

Komposisi ini saya rasa bisa menjadi andalan untuk dimodifikasi sedemikian rupa, hingga bisa memunculkan variasi-variasi di dalam pound cake/butter cake.


GREEN MARBLE POUND CAKE
by Rachmah Setyawati


Bahan
175 gr unsalted butter
40 gr cheese cream
80 gr gula caster
sedikit vanili ekstrak
5 butir kuning telur
2 sdm Susu UHT Cair/ Susu Evaporated / Krim kental
170 gr tepung terigu
5 gr baking powder

5 butir putih telur
75 gr gula caster


Cara Membuat
1. Kocok butter , gula caster/gula pasir, cheese cream dan vanili hingga lembut tercampur rata.
2. Masukkan kuning telur, bertahap, sambil dikocok merata hingga lembut.
3. Tuang bahan cair (Susu cair/Krim kental), kocok rata. Matikan mixer.
4. Ayak, tepung terigu dan baking powder, masukkan bertahap ke dalam adonan butter, aduk merata.
5. Kocok putih telur, kecepatan sedang hingga mulai berbusa, masukkan gula pasir/caster bertahap, sambil terus dikocok hingga soft peak saja (jangan sampai terlalu kaku), matikan mixer.
6. Ambil sebagian adonan putih telur tadi, campurkan ke dalam adonan tepung mentega, aduk merata, masukkan seterusnya hingga putih telur kocok habis dan tercampur merata.
7. Panaskan api oven hingga 165derajat celcius. Poles loyang tulban diameter 20cm dengan mentega, beri kertas roti, poles kembali permukaannya dengan mentega. Tuang adonan 3/4 nya saja, sisakan untuk toping/motif marble.
8. Sisa adonan tadi beri dua warna, satu bagian beri pasta moka, satu lagi beri pasta bubuk greentea. Setelah itu tuang secara acak dipermukaan adonan yg dituang dlm loyang tadi, bentuk motif marmer. Siap dioven hingga kurang lebih 30 menit (20 menit pertama suhu 165derajat celcius, setelah itu kecilkan suhu hingga 155 saja, hingga matang sempurna menit ke 30)/ tergantung kondisi oven masing-masing.


Artikel Terkait

2 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

mbak, ijin copy resepnya ya....matur nuwun...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...