Sabtu, Desember 10, 2011

Asem-Asem Ikan Patin

Alhamdulillah ... terpenuhi juga hari ini membuat menu Asem-Asem Ikan Patin. Bumbu dasarnya dibuat beda dengan yang biasanya aku buat untuk bahan dasar Ikan Bandeng.

Jika biasanya, membuat asem-asem dengan kuah bening. Yang sekarang dalam rangka memenuhi selera putriku nih. Dia kesengsem banget dengan Asem Asem Iga Sapi di Restaurant Dewa Ndaru - Mayjend Sungkono, Surabaya.

Saya sendiri sih sedang kepingiiin banget olahan ikan patin segar. Jadi .. dikombinasi aja deh. Kuah asem-asem dengan bahan dasar ikan di dalamnya.
Sekalian , masih dalam misi "tersembunyi" ingin lebih mengenalkan ikan patin kepada putriku. Harapanku, dia akan lebih gemar menyantap olahan ikan daripada olahan daging merah.

Untuk makan siang tadi, dia hanya menghabiskan seporsi saja. Tapiii ... pas makan malam tadi, 3 kali lipat porsinya :D ........ Alhamdulillahh ...
Ketika ku tanyakan pendapatnya, "Hmm udah sama dengan yang di restaurant itu Buk !, tapi kurang asem dikiit lagi, teruuusss..... lain kali pake Iga Sapi ya !" huaaahahhaaa.... teteeeep requestnya minta Iga Sapi hihiiii..... :D
Ok dehh sayang ... InsyaAllah next time kita buat dengan penampakan persis seperti yang di restaurant itu ya :)

Ingin merasakan juga segarnya Asem-asem Ikan Patin dengan bumbu yang lebih kaya ini ?? Silahkan dicoba nih resepnya ... semoga juga cocok dengan selera keluarga teman-teman. Biar tambah disayang suami dan putra putri di rumah ya :D


ASEM-ASEM IKAN PATIN
Resep by Rachmah Setyawati

Bahan :
2 Ikan Patin segar, ukuran sedang besarnya, bersihkan , cuci , potong2 bbrp bagian
Air kaldu sapi/air biasa
5-7 bh Belimbing Sayur, potong-potong
7 biji Cabe Rawit, potong kasar
1 bh Serai, geprek
6 lembar Daun Jeruk
2 lembar Daun Salam
2 Ruas Jari Laos, geprek
1 bh Tomat Buah, potong jadi 8 bagian
5 bh Cabe Hijau, potong-potong
3-4 sdm air asam matang
2sdm minyak sayur/goreng
1 sdm Garam Halus
1 sdm Gula Pasir
3 sdm Kecap Ikan

Bumbu Halus :
2 bh Cabe Merah, buang isinya, goreng sebentar
4-5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit



Cara Membuat :
1. Haluskan semua bahan bumbu halus. Panaskan minyak sayur/goreng, tumis bumbu halus beserta rempah-rempah ( laos, serai, daun jeruk, daun salam), tumis hingga harum. Tambahkan cabe rawit, aduk rata. Matikan api kompor. Sisihkan.
2. Didihkan air kaldu / air biasa, masukkan bumbu halus yg sudah ditumis tadi. Lalu tambahkan potongan belimbing sayur, potongan cabe hijau, garam dan gula pasir serta kecap ikan. Biarkan mendidih sejenak. Masukkan air asam matangnya. Aduk rata. Cicipi, bila rasa sudah pas. Barulah masukkan potongan ikan patin segar. Biarkan mendidih dengan api sedang, jangan terlalu lama , masukkan potongan tomat segar, matikan api. Siap disajikan.








Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...