Senin, Mei 07, 2012


Yang ini sajian yang beda untuk masakan ayam, karna bosan dimasak itu-itu saja, muncullah ide mengolah sayap ayam yang ada di rumah kala itu menjadi menu makan malam yg praktis tetapi enak.



                                     
**Resep oleh Rachmah Setyawati.


Bahan :
8 potong daging ayam,bagian sayap, cuci bersih, beri air jeruk nipis rata, lumuri garam merata, remas2 pelan, lalu taburi dengan merica hitam bubuk agak banyak, ratakan, sisihkan

Bahan Saus Rendaman:
2 sdm Saus Tomat botolan
1 sdm Saus Tiram
1 sdm Saus Inggris
2 sdm Kecap manis
2 sdm madu
--------------------> aduk semua bahan saus

Minyak Sayur/Minyak Canola, untuk menggoreng

Bahan Tumisan Cabe :
4 sdm Minyak Zaitun
10 bh cabe rawit merah, belah sedikit dibagian tengahnya (tdk sampai putus)
3 siung bw putih, geprek
1/4 bulat Bawang Bombay, iris tipis memanjang
2 ruas jari jahe segar, geprek
5 lembar daun jeruk
Garam halus & Gula pasir secukupnya


Cara memasak :
1. Masukkan semua bahan saus rendaman ke dalam mangkok berisi potongan ayam yg sudah diberi garam dan merica bubuk, aduk rata, biarkan sekitar 1-2 jam hingga bumbu meresap.
2. Panaskan minyak Canola/Sayur hingga panas cukup, goreng potongan ayam yg sudah berbumbu tadi hingga matang dan agak kering. Setelah itu angkat, dan tiriskan.
3. Hangatkan minyak zaitun, tumis bawang bombay, aduk, lalu masukkan bawang putih, jahe dan daun jeruk, serta cabe rawitnya, besarkan api, aduk2 hingga aroma harum tercium dan cabe mulai layu, beri garam dan gula pasir , aduk rata, segera masukkan potongan ayam yg sudah digoreng tadi. Masih dengan api kompor cukup besar, aduk2 cepat merata, kecilkan api kompor, cicipi , bila rasa sudah pas, matikan api, sajikan hangat dengan nasi pulen yg hangat :D :D

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...