Kamis, Desember 03, 2009

My entry for KBB #14 - White Bread

Tantangan kali ini....uuuh ... sedikit malas mengerjakannya, tapi.. paling suka menyantapnya,hehehhe ... curang ya !

Buat yang belum gabung / ragu-ragu ikutan KLUB BERANI BAKING ,dijamin bakal rugi deh ! Suerrr dower ewer-ewerr ! karna setiap tantangannya pasti menambah wawasan baru buat kita.

Mengerjakannya.... nggak harus melulu sukses kok, tp lebih mengedepankan proses pembelajaran didalamnya. Dan yang penting kita sudah pernah mencoba buat, hasil akhirnya cantik ato tidak, jadi ato nggak jadi itu bukan merupakan penilaian lulus tidaknya di klub ini.

Terbukti, pada tantangan ini nih. Kalau, biasanya kita membuat roti dengan resep yang dah ready tinggal copypaste tanpa ikutan berpikir tentang komposisi bahan, dsb. Kali ini kita diajarkan teknik pembuatan roti dengan metode Baker’s Percentage (BsP) , yaitu cara penghitungan yang biasa dipakai oleh paraprofessional bread baker. Selengkapnya tentang metode ini bisa dilihat DISINI .

Hayoo....yang belum pernah buat roti / ragu2, kita coba yuuk !



Presentation



Resep tantangannya adalah berupa formula tetap dari para Cheff yg sudah berpengalaman dibidangnya. Berikut komposisi yg disarankan sebagai dasar menyusun bahan pembuatan dasar White Bread / Roti Tawar :

White Bread

Source: The Bread Baker’s Apprentice by Peter Reinhart, 2001, page 265-267


Ingredients

Baker’s Percentage

Bread flour

100

Salt

1.8

Granulated sugar

7.7

Powdered milk (Dried Milk Solid)

6.2

Instant yeast

1

Egg, slightly beaten at room temperature

7.7

Butter, room temperature

7.7

Water

62.8

Modifikasi Resep tantangan kali ini menambahkan oatmeal instan dan paduan flaxseed bubuk (biji dari bunga flax yg tinggi serat & omega3), hasilnya roti yang tinggi serat, mantap untuk sajian sarapan sehari-hari !

White Bread
-------------------------------------------------------------------------------
modified by Rachmah Setyawati

Ingredients :
400 gr Tepung Terigu Cakra (protein tinggi)
100 gr Tepung Terigu Sedang
40 gr Gula Pasir
35 gr Susu Bubuk Full Cream
5 gr Yeast instant
1 Butir Telur utuh (ukuran sedang)
sekitar 300 cc air
9 gr Garam Halus
40 gr Margarin

30 gr Oatmeal instant
30 gr Flaxseed Bubuk
Cheddar Slice

Polesan :
1 butir kuning telur
100 cc susu evaporated

Directions :
-------------------
1. Masukkan semua bahan kering kecuali garam dan mentega, campur rata. Masukkan telur. Kocok dengan speed sedang sambil dituangkan air sedikit-sedikit hingga habis.
2. Kocok lagi hingga adonan menjadi 1/2 kalis, masih menggumpal2 tak merata, masukkan garam dan margarin. Kocok lagi dgn speed 3, hingga adonan benar2 kalis (tak menempel lagi diwadah mixer/tak lengket ditangan, atau bila adonan diterawang / ditarik akan terlihat tekstur yg lentur tak mudah robek.
3. Terakhir masukkan oatmeal dan flaxseed bubuk, kocok lagi hingga merata.
4. Ambil adonan, fermentasikan pertama hingga adonan naik 2 kali lipatnya, sekitar 1 - 1 1/2 jam, pada sebuah wadah yg sebelumnya dipoles tipis dengan minyak zaitun.
5. Tutup dengan plastik. Biarkan mengembang
6. Kempiskan adonan, mulai bagi sesuai bentuk / jumlah yg diinginkan. Bulatkan kembali, istirahatkan lagi selama kurleb 45-60 menit.
** Untuk yg roti tawar isi keju, caranya, setelah fermentasi pertama, ambil secukupnya seluas loyang roti tawar yg kita punya. Kemudian gilas lebar, spt membuat roll gulung, beri keju cheddar slice dan selai coklat, gulung selayaknya menggulung roll cake. Padatkan/rapikan gulungan, taruh pd loyang yg telah beralas kertas roti dan dipoles margarin. Biarkan fermentasi kedua,hingga mengembang tinggi. Barulah poles dengan polesan, beri topping keju lembaran lagi, poles dgn polesan lagi. Siap oven.

7. Adonan siap dibentuk2, kemudian poles dengan bahan polesan, istirahatkan sebentar lagi, sebelum masuk oven, kurleb 20 menit.
8. Panaskan oven 160-165 derajat celcius, oven hingga matang.


White Bread_KBB #14



White Bread Variations


**Note : Hasil akhir dari modifikasi ini roti memang tak seempuk roti-roti manis khas metode Taiwanese. Lebih pada roti empuk yang padat karna penambahkan serat tinggi didalamnya. Tapi juga nggak keras2 amat lho, tetep masuk kategori empuk.
Untuk asupan sarapan sangat tepat sekali, buat sandwich dan isian lainnya.

Selamat Mencoba, smg cocok dengan selera keluarga tercinta.



Logo Lulus KBB14 WHite Bread

Artikel Terkait

1 komentar:

skoliosis mengatakan...

tips agar tidak gosong bagaimana ya ibu?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...